UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN MASYARAKAT MISKIN (Studi Program Pendidikan Anak Soleh Di Kabupaten Gowa )

  • Indrasari Indrasari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurlina Jubair Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Munira Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana upaya peningkatan pendidikan masyarakat miskin di desa Julubori Kabupaten Gowa, Untuk mencapai tujuan dalam penelitian ini, maka peneltian menggunakan metode kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus dan tipe penelitian deskriptif yaitu suatu model penelitian yang bertujuan untuk penelitian yang di lakukan secara intensif terperinci dan mendalam, jenis penelitian ini adalah penelitian sosial budaya (PSB) dengan tipe deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang upaya meningkatkan pendidikan masyarakat miskin, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini dipilih dengan penentuan informan secara availability sampling atau biasa dikenal dengan aksidental yaitu teknik pengambilan informan secara kebetulan dan tidak menggunakan kriteria atau pertimbangan tertentu.

Hasil penelitian ini adalah bahwa upaya meningkatkan pendidikan masyarakat miskin dengan adanya program pendidikan anak soleh seperti TK/TPA , maka harus ditunjang dengan sarana pendidikan yang memadai sebagai faktor utama keberhasilan dan kemajuan tingkat pendidikan masyarakat. Pendidikan merupakan suatu proses yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan, ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebersamaan agar dapat membangun diri sendiri dan bersama-sama membangun bangsa. pendidikan juga di sebabkan karena adanya faktor ekonomi, lingkungan, yang menjadi penentu Karena kurangnya sosialisasi.

Referensi

Al-Ghafury. M. Alawiyullah. 2013. Meningkatkan Mutu Pendidikan. (Online). Undefined of citti internet Sites. Meningkatkan mutu pendidikan.http://www.bandung.co.id. Diakses 23 Mei 2016.

Akib, I., & Risfaisal, R. (2015). Bantuan Langsung Tunai. equilibrium, 3(2), 126-135

Daoed Yoesoef (2014). http://www.4key.blogspot.com/kualitas-pendidikan-di-indonesia.html, diakses pada 28 Maret 2016.
Eka, R. 2007. Media Pembelajaran Departemen pendidikan nasional Direktorat Jenderal Dasar dan Menengah Direktorat tenaga Kependidikan Jakarta.
Hendrawan (2003).http://www.Rivafauziah.Wordpress.Com /Pendidikan-Yang-Membangun- Kemandirian.Html. Diakses Pada 28 Maret 2016.
Imron Ibrahim ,(2015). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Kelompok Usaha Bersama Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 3, Hal. 485-491 | 485.

Indrasari, (2016). Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Miskin (Studi Program Pendidikan Anak Soleh Di Kabupaten Gowa). Makassar Sulawesi Selatan.

Moleong, 2007:6 Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja Posdakarya.

Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 3 Tahun 2006 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan http ://www.bandung.co.id.

P2 KP, Pedoman Umum, 2004:1). Pedoman Pelaksanaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Miskin. Jakarta : Dirjen Binkesmas. http://eprints.ui.ac.id.

Sulistyani, 2004 : 29-30 http://www.rivafauziah.wordpress.com Masyarakat Miskin

Toton Suharto, (2005). Konsep Dasar Pendidikan Berbasis Masyarakat http/eprints. Uny.co.id diakses November Tahun 2005 No 3
WF Connell (1972). Http://Www.Blog.Umy.Ac.Id.Rendahnya-Kualitas-Pendidikan-Di Indonesia.Html, Diakses Pada 28 Maret 2016.
Buku
A, Koesoma, Doni. 2007, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta : PT Grasindo.

Iddi, Abdullah, dkk. 2013. Sosiologi Pendidikan , Individu, Masyarakat dan Pendidikan Jakarta: PT Rajawali Pers.

Soerjono Soekanto. 2012. Sosoiologi Suatu Pengantar. Bandung : PT Raja Grafindo Persada.

Soemanto Wasty. 1996-2002 Pendidikan Aksara. Bandung : PT Bumi Aksara
Judd F.C 1999 Pendidikan Dasar. CV. Pionir Jaya Bandung
Diterbitkan
2022-02-25
Bagian
Articles