PERSEPSI PESERTA KURSUS MENJAHIT TERHADAP LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DI DESA MATTIROWALIE KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

  • Hasnawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syahban Nur Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Persepsi, Kursus menjahit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Persepsi peserta kursus menjahit  di Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta kursus menjahit.  Informan dalam penelitian ini terdiri dari enam orang, lima perempuan dan satu Laki- laki.  Pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini berdasarkan data wawancara  yang diperoleh menunjukan persepsi peserta kursus menjahit terhadap lembaga kursus pelatihan (LKP) dapat dikatakan bahwa pembelajaran kursus menjahit sudah berjalan dengan baik mulai dari kegiatan pelaksanaan maupun sarana dan prasarana. Meskipun masih banyak harus ditingkatkan mengenai pembelajaran itu sendiri agar peserta tidak pernah merasa puas dan mereka terus belajar bagaimana membuat pakaian yang memiliki nilai jual yang tinggi nantinya betapa pentingnya kursus menjahit bagi kaum perempuan yang ingin mempunyai keterampilan untuk berwirausaha mandiri.

References

George Ritzer-Douglas J.Goodman. Teori Sosiologi Modern, Jakarta:Prenada Media, 2005, hlm. 290-291
Graham, Sandra & Weiner, Bernard. 2005. Handbook Of Educational Psychology. New York : Macmillan Library References USA.
Hamalik, Oemar. 2001. Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Moeheriono. (2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia
Indonesia Saepudin, A. (2009). Manajemen Kemitraan Sekolah dengan Masyarakat (Telaah, Konsep, Strategi dan Aplikasi). Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.
Margaret M. Poloma, Sosiologi kontemporer, Jakarta: Grafindo Persada, hlm
Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Romadlonati, Nur Fitria. ““Persepsi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas
Restiyanti, Prasetijo dan John J.O.I Ihalauw.2005. Perilaku Konsumen.Yogyakarta:Penerbit ANDI
Rakhmat (2005). Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ritzer, George dan Goodman J Douglas . 2005. Teori Sosiologi Modern. Jakarta:Prenada Media
Soerjono Soekanto. Sosiologi suatu Pengantar, Jakarta:Rajawali Pers, 1989, hlm.
Sarlito W Sarwono . 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers
Sutarto, joko 2013. Pelatihan Manajerial, Yogyakarta: deepublish
Sutarto Jok. 2007. Pendidikan nonformal (konsep, yayasan, pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat) semarang unnes press
Saepudin A.2009. Manajemen kemitraan sekolah dengan masyarakat (telaah, konsep strategi dan aplikasi)Bandung : sarana panca karya nusa

Steers. RM. (1985). Efektivitas Organisasi.Jakarta: Erlangga Sudjana, D. (2010). Manajemen Program Pendidikan : Untuk Pendidikan
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.1996.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D.bandung: Alfabeta. 2010
Sunarya, Abas. 2011. Kewirausahaan. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Universitas Muhammadiyah Makassar, (2019), Panduan penulisan Proposal dan Skripsi.

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi).
Bandung : Alfabeta. http://lib.unnes.ac.id/24070/1/1201411049.pdf
Published
2022-09-14
Section
Articles