Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Latihan Berstruktur (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas Viii2 Smpn 6 Riaja Kabupaten Barru)

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Latihan Berstruktur (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas Viii2 Smpn 6 Riaja Kabupaten Barru)

  • ari wibowo univeritas sawerigading makassar
  • bahar Universitas Sawerigading Makassar
  • Rafiqah Indah Jamaluddin Universitas Sawerigading Makassar

Abstrak

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika Siswa Kelas VIII2 SMPN 6 Riaja Kabupaten Barru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode Ltihan Berstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 6 Riaja Kabupaten Barru dengan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 59,78 berada pada kategori “sedang” dengan standar deviasi 14,91 dari skor ideal 100. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan pada skor rata-rata 76,78 berada pada kategori “tinggi” dengan standar deviasi 8,43 dari skor ideal 100. Ketuntasan belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 6 Riaja Kabupaten Barru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 37 siswa sebanyak 13 siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 33 siswa mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai

Diterbitkan
2024-03-30