Peningkatan Mutu Pembelajaran Perguruan Tinggi di Masa Pandemi
Abstrak
Di masa pandemik, kebijakan dari Kemendikbud menyarankan agar perkualiahan dilakukan di rumah masing masing dengan menggunakan teknologi komunikasi yaitu e-learning. Pada masa ini juga perguruan tinggi memasuki Revolusi industry 4.0, dimana pembangunan dititik beratkan pada teknologi dan industri. Oleh karena itu, dibutuhkan kualitas pembelajaran melalui perkuliahan daring. Adapun tujuan penelitian ini adalah bagaimana perguruan tinggi dapat meningkatkan mutu pembelajaran di masa pandemic dan mengetahui faktor faktor penghambat dalam peningkatan mutu sekolah.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan wawancara, mendalam dan studi dokuman. Adapun hasil dari penelitian yaitu peningkatan mutu pembelajaran perguruan tinggi dilakukan dengan menetapkan standar mutu pembelajaran perguruan tinggi, melakukan pemantauan, evaluasi dan pembinaan terhadap mata kuliah daring yang dilakukan secara berkala. Adapun factor-faktor penghambat yaitu minimnya fasilitas sarana dan prasarana dalam penggunaan internet, masih kurangnya pemahaman atau tidak dapat beradaptasi antara dosen dengan mahasiswa dengan teknologi dan metode mengajar jarak jauh, penguasaan mahasiswa atau dosen terhadap teknologi pembelajaran juga sangat bervariasi.
Referensi
Basuki, A. (2004). Implementasi Sistem Jaminan Mutu (Quality Assurance) Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/pep.v6i1.2042
Susanti, W., & Putri, R. N. (2020). PENERAPAN CLOUD COMPUTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE MASA PANDEMI COVID-19. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering). https://doi.org/10.35145/joisie.v4i1.663
Dian Herdiana, Inovasi Proses Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Kelas Karyawan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi nasional.
Isjoni,dkk,2008, ICT Untuk Sekolah Unggul Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.