EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstrak
Sejak Maret 2020, semua satuan pendidikan di Indonesia melaksanakan program Belajar di Rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) setelah COVID-19 dinyatakan masuk ke negara ini. Pemerintah segera menginstruksikan semua siswa untuk belajar dari rumah dan menerapkan PJJ sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran virus ini di masyarakat. Sistem pembelajaran daring (online) mengacu pada metode pembelajaran yang tidak melibatkan interaksi tatap muka langsung antara guru dan siswa, melainkan dilakukan melalui internet. Guru perlu memastikan bahwa proses belajar mengajar tetap berlangsung meskipun siswa berada di rumah. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mendesain media pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan platform daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam konteks pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form dengan pendekatan kualitatif.