PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI PENERAPAN STRATEGI 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN)

  • Nurjayanti Kaharuddin Universitas Sawerigading Makassar
Keywords: Keterampilan menulis, Cerpen, Strategi 3M

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara penerapan strategi 3M yang dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Mendeskripsikan cara penerapan strategi 3M untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen  pada tahap evaluasi, mendeskripsikan cara penerapan strategi 3M untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen  pada tahap perencanaan, endeskripsikan cara penerapan strategi 3M untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen  pada tahap pelaksanaan.

Sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru sudah menerapkan langkah-langkah strategi 3M dengan tepat sehingga keterampilan siswa dalam menulis cerpen dapat meningkat. Peningkataan keterampilan siswa tersebut dapat terlihat baik dalam proses belajar mengajar maupun hasil karya menulis cerpen masing-masing. Dengan menggunakan strategi 3M, siswa tampak antusias mengikuti pelajaran dan materi yang diberikan oleh guru serta siswa aktif bertanya mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam menulis cerpen.

Published
2024-09-24
Section
Articles