Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Savi (Somatis, Auditory, Visual Dan Intelektual) Pada Siswa Kelas Viiia Smp Kartika Xx-3 Makassar
Abstrak
Tujuan penelitian ini secara operasional adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIa SMP Kartika XX-3 Makassar dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual dan Intelektual). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Berdasarkan hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Kartika XX-3 Makassar. Hal ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata tes hasil belajar dari siklus I sebesar 32,24 menjadi 67,89 pada siklus II. Pada siklus I terdapat 3 siswa (7,89%) sedangkan pada siklus II terdapat 3 siswa (7,89%) pula tapi bukan dari siswa yang sama.untuk penguasaan materi berada pada kategori baik, pada siklus I tidak ada siswa (0%) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 27 siswa (71,05%). Untuk penguasaan materi yang berada pada kategori sangat baik, pada siklus I tidak ada siswa (0%) sedangkan pada siklus II menjadi 2 siswa (5,26%)