Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Matriks Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMK Ma’arif Husnul Khatimah

  • suryadi Ishak Universitas Negeri Makassar
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Materi Matriks, Hasil Belajar Matematika

Abstrak

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Matriks Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMK Ma’arif Husnul Khatimah.yang berjumlah 88 orang dan sampelnya adalah siswa kelas XI Multimedia  yang berjumlah 15 orang dan kelas XI Tata Busana  yang berjumlah 15 orang. Instrument penelitian menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik, diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 52,00 dan kelas kontrol yaitu 52,66. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 83,85 dan kelas kontrol yaitu 70,66. Dilihat dari aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase 88,05%. Untuk respon siswa diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 98,99%.Hasil perhitungan uji t untuk data posttest diperoleh data nilai  3,265.Sedangkan untuk nilai  sebesar 2,656 yang berarti yaitu 3,265>2,656. Dari hasil analisis deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa penggunaan Pengaruh  Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Matriks Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMK Ma’arif Husnul Khatimah.

Diterbitkan
2024-12-05