EFEKTIVAS PENERAPAN METODE ESTAFET LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • wahyuddin Universitas Al Asyariah Mandar
  • irfawandi samad Universitas Al Asyariah Mandar
Kata Kunci: efektivitas, Estafet Learning, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan ingin mengetahui penerapan Estafet Learning terhadap hasil belajar siswa.. Subyek penelitian ini ialah semua siswa kelas VIII MTs Al Fajrin Tangnga Tangga. Sampel penelitian dilakukan di kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini ialah tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensi. Setelah mengolah hasil analisis deskriptif, diperoleh post-test. Artinya, rata-rata skor belajar matematika untuk kelas eksperimen adalah 83,94 dan untuk kelas kontrol adalah 77,13. Data perhitungan uji-t data post-test menunjukkan nilai thitung sebesar 3,26, dan nilai ????tabel sebesar 2,65. Artinya thitung > ????tabel adalah 3,26 > 2,65. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Estafet Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTs Al Fajrin.

Diterbitkan
2024-06-11
Bagian
Articles