EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING DIMASA PANDEMIK COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PANNAMPU 3 MAKASSAR
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING DIMASA PANDEMIK COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PANNAMPU 3 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini peneliti mengambil lokasi di SD INP. PANNAMPU 3 yang beralamat di JL. Pannampu Kecamatan Tallo Kota makassar. Sumber data dari penelitian haruslah berdasarkan fakta dan data yang konkret, baik secara langsung di lapangan maupun tidak langsung. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kepala SD inpres pannampu 3 Makassar, guru mata pelajaran Matematika dan peserta didik kelas IV SD inpres pannampu. Data yang diambil adalah data yang berkaitan dengan pelaksanaan penggunaan media daring di SD Inpres Pannampu 3 Makassar dalam pembelajaran Matematika dan Budi Pekerti pada siswa kelas IV terhadap motivasi belajar peserta didik. Data yang digunakan dalam penelitian ini berdasar dari dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur Pengumpulan Data Dalam penelitian kualitatif, prosedur atau teknik pengumpulan data dilakukan pada kondisi yang alamiah, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Pembelajaran berbasis daring di masa pandemic covid 19 dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik Hal ini terlihat dari skor rata-rata sebesar 77,93 dan Standar Deviasi sebesar 15,36 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. Tingkat keaktifan peserta didik dalam pembelajaran berbasis daring di masa pandemic covid 19 sangat tinggi, hal ini dikarenakan siswa sangat antusias, berminat dan sangat senang dalam menerima pembelajaran.