PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIK PADA SISWA KELAS XI SMA JAYA NEGARA MAKASSAR

  • Hasisa Haruna Universitas Patompo
Keywords: Model Pembelajaran Mnemonik, hasil belajar

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran MNEMONIK pada Siswa Kelas XI SMA Jaya Negara Makassar. Berdasarkan analisis kuantitatif yang dilakukan maka hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa yang semula memiliki skor hasil belajar mata pelajaran IPS yang berada pada kategori “tidak tuntas” dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran MNEMINIK. Skor rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan dari 66,30 pada siklus I dan 79,34 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka hasil belajar IPS siswa kelas XI SMA Jaya Negara Makassar terjadi peningkatan dimana pada siklus I yang berada pada kategori tuntas 39,13% atau 9 siswa dan yang kategori tidak tuntas 60,87% atau 14 siswa dari 23 orang siswa sedangkan pada siklus II siswa yang berada pada kategori tuntas mencapai 91,31% atau 21 siswa dan berada pada kategori tidak tuntas 8,69%atau 2 siswa dari 23 orang siswa.

Published
2023-03-28
Section
Articles