PERAN KEPEMIMPINAN DALAM REFORMASI BIROKRASI DI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

  • Sulfianna Universitas Sawerigading Makassar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan camat dalam reformasi birokrasi di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng dan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan camat dalam reformasi birokrasi di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengacu pada konsep perilaku birokrasi. Berdasarkan hasil analisis terhadp peran kepemimpinan dalam reformasi birokrasi menunjukkan bahwa secara keseluruhan peran pemimpin cukup baik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebab keberhasilan pemimpin berkat campur tangan para anggotanya. 1) Efektivitas kepemimpinan sangat erat kaitannya dengan masa dan cara pemimpin menjalankan tugas sebagai abdi Negara pada era reformasi birokrasi. Dalam masa era reformasi birokrasi pemerintahan sekarang ini sistem pemerintahan sudah menjadi lebih baik dari yang sebelumnya sebagaimana yang dikemukakan oleh para informan yang salah satunya menyatakan bahwa kondisi sekarang lebih baik dari yang sebelumnya itu karena kepemimpinan yang di jalankan sekarang berdampak pada kepemimpinan yang baik dapat dilihat juga bahwa tipe pemimpin yang kharismatik memilki posisi dan pilihan yang banyak dan disukai oleh masyarakat. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas kepemimpinan dalam era reformasi birokrasi di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng di pengaruhi oleh kebersamaan dan dukungan, dari hasil penelitian yang diutarakan menyatakan bahwa pemimpin camat dalam masa kepemimpinannya sangat baik dalam mengahdapinya. Dan paling banyak yang menyukai cara pimpinan dengan mengadakan silaturahmi antara para pegawai dan masyarakat setempat.

References

Adolph Matz, Cost Accounting Planning dan Control, Edisi Kedelapan. Terjemahan Alfonso Sirait dan Wibowo, Jakarta: Erlangga, 1992.
Aji. 2016. Analisis Penerapan Good Governance Pada Pemerintahan Kota Magelang.Skripsi.Tangerang: STAN.
Aristo, D.A. 2014. Rejuvinasi Peran Perencana Dalam Menghadapi Era Perencanaan Partisipatif “Sebuah Tahapan Awal dalam Pembentukan Kultur Masyarakat Partisipatif”. Disampaikan Dalam: Seminar Tahunan ASPI (Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia) Universitas Brawijaya, Malang Juli 2014. Teknik Planologi ITB.
Atkinson, Anthony, A., Kaplan, R., S., dan Young, S., M. 2004. Management Accounting. New Jersey: Pearson Education.
Chuck Williams, Manajemen, Buku I,Jakarta: Selemba Empat, 2011. Departemen Dalam Negeri, Cost Accounting Planning and Control. Edisi Kedelapan. Terjemahan Alfonso Sirait dan Herman Wibowo. Jakarta: Erlangga, 1997.
Aurora, Novella. 2012. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja Studi Kasus Pada RSUD Tugurejo Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Dasler Gery. 2013. Peranan Pemimpin dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Administrasi Vo.2, No 2 Mei 2013
Hosio, Kebijakan Publik Desentralisasi, Laksbang, Yogyakarta, 2017
Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 48 Tahun 2002 tentang “peraturan desa dan keputusan kepala desa”. Mardiasmo. 2006. Pewujudan Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui Akuntansi Sektor Publik: Suatu Sarana Good Governance Jurnal Akuntansi Pemerintah, Vol. 2, No. 1. Mei 2006.
Mahfud, MD. 2010. Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia Studi Tentang Interaksi Politik dan Kehidupan Ketatanegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.
Manulang, M. Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Ghallia Indonesia, 2016.
Mondy Wayne. 2015. Manajemen dan Pemerintahan Daerah. Jurnal Internasional Jurusan Pemerinatahan Edisi. 2 Vol 5.
Qolyubi, Sihabuddin dkk. 2013. Dasar-dasar Ilmu Pemerintahan dan Informasi.Yogyakarta, Jurusan Ilmu Pemerintahan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ranupandojo, B Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Rucky Ahmad. 2011. Kinerja Pemerintahan Daerah Era Reformasi. Jurnal Administrasi Negara Vol 2 Tanggal 4 Mei 2011
Sedarmayanti, Reformasi Administarsi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang baik), Refika Aditama, Bandung, 2015
Sondang P.Siagian, Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sule, Ernie Tisnawati dan Saifullah, Kurniawan, Pengantar Manajemen, Edisi Pertama, Jakarta : Kencana, 2016.
Syafiie, Inu Kencana, Pengantar Ilmu Pemerintahan, Rineka Cipta, Bandung, 2004 Abe, Alexader, Organisasi Publik masa Depan, Redenfinisi Peran Pemerintah, PerPod, Jakarta, 2000
Solihin, D. 2016. Perencanaan Pembangunan Partisipatif. Makalah disampaikan pada Pelatihan Aparatur Pemerintahan Daerah. Jakarta, 27 Desember 2006. Sekolah Tinggi Pemerintahan Abdi Negara.
Tangkisan. 2005. Model dan Bentuk Patisipasi Masyarakat Desa terhadap Pembangunan.
Published
2024-03-25
Section
Articles