PERILAKU BIROKRAT DALAM PELAYANAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA BADAN PERIZINAN TERPADU DAN PENANAMAN MODAL KOTA PAREPARE)
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik Individu dan Birokrasi dalam Pelayanan Publik pada Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengacu pada konsep perilaku birokrasi Miftha Thoha yang membagi perilaku dalam dua dimensi yakni karakteristik individu yang indikatornya memuat kemampuan, kebutuhan, kepercayaan, pengalaman, dan pengharapan serta karakteristik birokrasi yang indikatornya memuat hierarki, tugas-tugas, wewenang, tanggungjawab, sistem reward dan sistemkontrol. Berdasarkan hasil analisis terhadap perilaku birokrasi pada Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh pihak penyelenggara cukup baik kemudian dari segi karakteristik individu dan karakteristik birokrasi juga sudah cukup baik. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya baik secara langsung maupun tidak langsung. Para pelayanan publik baik dari jabatan struktural yang paling tertinggi sampai paling bawah bahkan sampai staff loket pelayanan pun memiliki tanggungjawab yang besar terhadap publik, dan tentunya sikap dan perilaku mereka kepada publik juga merupakan penentu keberhasilan mereka kepada masyarakat sebagai konsumen pelayanan. Reformasi perilaku birokrasi terus dilakukan terutama dalam menanggulangi perilaku pelayanan yang prosedurnya sangat rumit, cenderung berbelit[1]belit, tidak adanya kepastian waktu yang konsisten serta pemungutan biaya liar yang tidak sesuai.
References
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Perilaku dan budaya organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Thoha, Miftah. 2011. Birokrasi pemerintah Indonesia di era reformasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moenir. 2010. Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Natsir, Nanat Fatah. 2010. Moral dan etika elite politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Indar. 2010. Birokrasi pemerintahan dan perubahan sosial politik. Makassar: Pustaka Refleksi.
Robbins, Stephen. 2015. Perilaku organisasi (Organizational behavior). Jakarta: Salemba Empat.
Winardi. 2014. Manajemen perilaku organisasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Riani, Asri Laksmi. 2011. Budaya organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Djatmiko, Yayat Hayati. 2008. Perilaku organisasi. Bandung: Alfabeta.
Tyson, Shaun dkk. 2010. The essence of organization behavior/Perilaku organisasi. Yogyakarta: Andi
Sopiah. 2014. Perilaku organisasi. Yogyakarta: Andi.
Indrawijaya, Adam Ibrahim. 2010. Teori, perilaku, dan budaya organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Albrow, Matin. 2014. Birokrasi. Yogyakarta: Tiara Wacana
Ardana, Komang dkk. 2009. Perilaku keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu. Blau, Peter dkk. 1987. Birokrasi dalam masyarakat modern. Jakarta: Penerbit UI Press, Salemba Empat.
Kasiram. 2008. Metodologi penelitian kualitatif kuantitatif. Malang: UIN Malang Press.
Masyhuri. 2008. Metodologi pendekatan praktis dan aplikatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Sarwono, Jonathan. 2016. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2010. Reformasi pelayanan publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Thoha, Miftah. 2015. Perilaku Organisasi, Konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: PT Raja grafindo persada
Thoha, Miftah. Dalam Adnan 2012. Perspektif perilaku birokrasi. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Peraturan Perundang-undangan
KEPMENPAN No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
KEPMENPAN Nomor 06/1995 tentang Pedoman Penganugerahan Piala Abdisatyabakti Bagi Unit Kerja/Kantor Pelayanan Percontohan.
Permendagri No.24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.