PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VII SMPIT AS SALAM JAYAPURA
Abstrak
Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VII SMPIT As-Salam Jayapura menghasilkan temuan positif. Fokus penelitian ini adalah mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa.Pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 51,11 dari nilai ideal 100, dan pada siklus II, terjadi peningkatan yang mencolok dengan skor rata-rata mencapai 85 dari nilai ideal 100. Model pembelajaran inkuiri terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar mereka dalam menulis puisi.Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi kepada guru dan calon guru untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam mengajar menulis puisi. Meskipun pembelajaran masih belum sempurna, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Dengan demikian, model inkuiri dapat dijadikan pedoman untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap menulis puisi.