PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SMK MUTIARA ILMU MAKASSAR
Abstrak
Penggunaan Model koperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di SMK Mutiara Ilmu Makassar. Penelitian ini bertujuan 1) untuk ingin mengetahui apakah model koperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan membaca, 2) mengetahui motivasi, serta kerjasama yang akan terjalin dalam pembelajaran kelompok. Metode penelitian yang dilakukan digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pengumpulan data wawancara, dan angket. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hanya mencapai ketuntasan sekitar 6 peserta didik 27,27%, gambaran perubahan yang telah dicapai setelah masuk pada siklus II dengan hasil 17 peserta didik dengan jumlah persentase sebesar 77,27%. Mengacu dari hasil penelitian tersebut, maka penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model koperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran keterampilan membaca teks Bahasa Indonesia dapat hasil dan aktivitas peserta didik.