ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES BTN IKIP I

  • Ramdani Univ. Muhammadiyah Makassar
  • Abd. Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdan Syakur Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Kesulitan belajar, menyelesaikan soal cerita, soal cerita bahasa Indonesia

Abstract

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres BTN IKIP I. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar.

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan yang dialami oleh Siswa dalam menyelesaikan soal cerita  pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Inpres BTN IKIP I. Sedangkan tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh Siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Inpres BTN IKIP I. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa SD Inpres BTN IKIP I yang terdiri dari dua orang berkemampuan tinggi, lima orang yang berkemampuan sedang dan dua puluh siswa yang berkemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, wawancara dan angket

            Hasil analisis tes kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita kepada peserta didik menunjukkan nilai rata-rata peserta didik yaitu 63,51dari data tersebut dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita  rendah. Dari hasil tes, wawancara dan angket dapat di simpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan menentukan ide, pokok, menuliskan kembali cerita secara singkat dan mencari nilai-nilai moral.

Published
2024-03-20
Section
Articles