PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM BERVARIASI DALAM MATA PELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran aktif dengan metode Quiz Team terhadap hasil belajar siswa pada mata Teks Laporan Hasil Observasi. Dan apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quiz eksperimen, penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kota Makassar. Sampel penelitian berjumlah 36 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisa data menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, uji fisher untuk menguji homogenitas data, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil perhitungan menunjukan bahwa penelitian ini berdistribusi normal dan homogen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Quiz Team yang diterapkan dikelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Teks laporan hasil observasi. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 83,05 > 73,88 serta diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,95 > 2,00. Dengan demikian penerapan metode Quiz Team ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.