PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF BIOGRAFI TOKOH NASIONAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE JIGSAW SISWA KELAS VII-C SMP KARTIKA XX-2WIRABUANA MAKASSAR

  • isnani arianti universitas sawerigading
Keywords: membaca, biografi, model pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan membaca intensif biografi tokoh nasional melalui model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw siswa kelas VII-C SMP KARTIKA XX-2 Wirabuana Makassar. Pelaksanaan penelitian dalam proposal ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (actionresearch) atau disingkat PTK yang bertujuan untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran. Setelah dilakukan penelitian dalam dua siklus, dihasilkan simpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif buku biografi tokoh siswa. Peningkatan nilai rata-rata siswa dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) aspek mencarikan riwayat hidup tokoh dari rata-rata 65,71 pada siklus I manjadi 70,89 pada siklus II: 2) aspek menyimpulkan keistimewaan tokoh dari rata-rata 66,25 mengalami peningkatan menjadi 72,75 pada siklus II: 3) aspek mencatat hal-hal yang bermanfaat bagi siswa dengan nilai rata-rata 66,43 mengalami peningkatan menjadi 75,89 pada siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil tes siswa kelas VII-C secara klasikal adalah 75% persentase ketuntasan yang belum mencapai KKM 80% yang disepakati.

Setelah mendapat pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, siswa kelas VII-C  mengalami beberapa perubahan sikap. Pengalaman yang diperoleh siswa pada saat mengikuti pembelajaran siklus I menjadi pendorong bagi siswa untuk lebih memperhatikan penjelasan guru, lebih aktif bertanya, dan lebih tertarik pada pembelajaran.

Published
2022-05-24
Section
Articles