ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES BTN IKIP I
Abstract
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres BTN IKIP I. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan yang dialami oleh Siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Inpres BTN IKIP I. Sedangkan tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh Siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Inpres BTN IKIP I. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa SD Inpres BTN IKIP I yang terdiri dari dua orang berkemampuan tinggi, lima orang yang berkemampuan sedang dan dua puluh siswa yang berkemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tertulis, wawancara dan angket
Hasil analisis tes kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita kepada peserta didik menunjukkan nilai rata-rata peserta didik yaitu 63,51dari data tersebut dapat diketahui bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita rendah. Dari hasil tes, wawancara dan angket dapat di simpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan menentukan ide, pokok, menuliskan kembali cerita secara singkat dan mencari nilai-nilai moral.