https://ojs.unsamakassar.ac.id/jsm/issue/feedSigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading2025-04-10T01:30:06+08:00Ari Wibowoarhyhikmal88@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading</span></span></span></span></span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> merupakan jurnal ilmiah mengenai pembelajaran dan pendidikan matematika yang telah memiliki <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220222291308145">E-ISSN 2828-3643</a></span></span></span></span></span></span></p> <p><strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading</span></span></span></span></span></span></strong><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. </span></span></span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil penelitian karya tulis ilmiah, konsep , berbagai dan aplikasi dalam pembelajaran dan pengajaran, serta ilmu dalam pendidikan</span></span></span></span></span></span></p> <p style="text-align: justify;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">SigMa: Sawerigading Matematika merupakan jurnal ilmiah pembelajaran dan pendidikan matematika yang terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Maret dan September.</span></span></span></span></span></span></p>https://ojs.unsamakassar.ac.id/jsm/article/view/406Peningkatan Kemampuan Numerasi Matematika melalai Penerapan Strategi Peer Tutoring 2025-04-08T17:55:29+08:00suryadi Ishaksuryadi.ishak@unm.ac.id<p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampun numerasi matematika siswa kelas VIII SMPS Puncak Sumua. penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan strategi <em>peer tutoring</em>. Teknik analis data pada penelitian ini adalah analis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan strategi tersebut dapat meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa di tandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I dan lebih meningkat di siklus II dengan rata-rata hasil belajar di siklus I 67,20 dan di siklus II 82,70 ini membuktikan bahwa dalam penerapan strategi <em>peer tutoring </em>bisa meningkat.</p>2025-04-08T17:53:50+08:00Copyright (c) 2025 Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigadinghttps://ojs.unsamakassar.ac.id/jsm/article/view/412MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GRUP INVESTIGASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA2025-04-10T01:30:06+08:00nana harlina harunananaharlina86@gmail.comAri Wibowoarhyhikmal02@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model grup investigasi, faktor – faktor apa saja yang yang mempengaruhi kurangnya motiasi siswa, manfaat dan keberhasilan dari pembelajaran matematika dengan menggunakan model grup investigasi di SMPN 1 Lappariaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan Teknik observasi, dokumentasi, Angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan menggunakan model grup investigasi. Faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi kemampuan kolaborasi sedangkan faktor penghambat siswa terlihat kurang antusias dalam belajar, kurang menerapkan pembelajaran yang menarik atau saintifik di SMPN 1 Lappariaja. Manfaat dan keberhasilan dari meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model grup investigasi pada pembelajaran matematika di SMPN 1 Lappariaja. manfaat terdiri dari keterampilan berpikir kritis dan berkerja kelompok, sedangkan keberhasilan hal ini dapat dilihat skor keseluruhan motivasi belajar siswa peserta didik pada siklus I sebesar 62% yang dalam ketogori baik. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 80% yang dalam ketegori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan.</p>2025-04-10T01:30:06+08:00Copyright (c) 2025 Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading