MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN MATERI PERKALIAN DASAR 1 SAMPAI 5 MENGGUNAKAN METODE MATEMATIKA JARI PADA SISWA KELAS II SDIT BOMBANG TALLUNA BIRA MAKASSAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai Peningkatan kemampuan penguasaan materi perkalian dasar pada siswa Kelas II SDIT Bombang Talluna Bira untuk perkalian dasar 1 sampai 5 yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi perkalian demi kelancaran proses pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Peneliti berperan sebagai penyaji bahan pelajaran, sedangkan wali kelas sebagai pengamat. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, digunakan teknik matematika jari untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung perkalian siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Kemis & Mc Taggart dalam bentuk spiral yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun data yang dikumpulkan melalui pre-test, post-test dan observasi dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Upaya yang dilaksanakan dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian dasar 1 sampai 5 dilakukan dengan membaginya ke dalam 2 siklus. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas jauh di bawah nilai KKM yaitu 33,33 setelah tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 78,89. Kemudian dilanjutkan siklus 2 dengan nilai rata-rata 95,56 dengan predikat siswa tuntas keseluruhan. Adapun kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal juga mengalami peningkatan, data pada tahap awal sebelum tindakan rata-rata waktu penyelesaian soal tercatat 18,6 menit, setelah tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata kecepatan menjadi 8,7 menit. Selanjutnya hasil kecepatan rata-rata penyelesaian soal pada siklus 2 meningkat menjadi 6,44 menit. Keseluruhan 100% siswa mampu mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 dan dinyatakan tuntas.