Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Di Kelas Va Sd Negeri 001 Mehalaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di kelas VA SDN 001 Mehalaan Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Ciri utama dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses belajar di kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan minimal 2 siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki. Berdasarkan hasil dan pembahasan, disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VA SDN 001 Mehalaan pada pokok bahasan bilangan bulat dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Peningkatan ini dilihat dari hasil tes awal ke tes tindakan siklus I yaitu dari 6% menjadi 9%, dari siklus I ke siklus II yaitu dari 9% menjadi 64%, dan dari siklus II ke siklus III yaitu dari 64% menjadi 94% siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Atau meningkat secara berturut-turut sebesar 3% menjadi 55% kemudian menjadi 30%. Dari segi proses, ketercapaian pelaksanaan skenario model pembelajaran kooperatif Tipe Think-Pair-Share mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II ke siklus III berturut-turut sebesar 65,06%, 93,49% dan 97,62%.