MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GRUP INVESTIGASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model grup investigasi, faktor – faktor apa saja yang yang mempengaruhi kurangnya motiasi siswa, manfaat dan keberhasilan dari pembelajaran matematika dengan menggunakan model grup investigasi di SMPN 1 Lappariaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan Teknik observasi, dokumentasi, Angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dengan menggunakan model grup investigasi. Faktor – faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi kemampuan kolaborasi sedangkan faktor penghambat siswa terlihat kurang antusias dalam belajar, kurang menerapkan pembelajaran yang menarik atau saintifik di SMPN 1 Lappariaja. Manfaat dan keberhasilan dari meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model grup investigasi pada pembelajaran matematika di SMPN 1 Lappariaja. manfaat terdiri dari keterampilan berpikir kritis dan berkerja kelompok, sedangkan keberhasilan hal ini dapat dilihat skor keseluruhan motivasi belajar siswa peserta didik pada siklus I sebesar 62% yang dalam ketogori baik. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 80% yang dalam ketegori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan apa yang diharapkan.