PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 BAMBANG
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS VII SMPN 4 BAMBANG
Abstract
Model pembelajaran interaktif menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa melalui model pembelajaran Interaktif pada siswa kelas VII SMPN 4 Bambang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan melalui beberapa siklus, setiap siklus dilaksanakan mengikuti prosedur perencanaan (planning), tindakan (Acting), observasi (observing), refleksi (Reflecting). Melalui penelitian siklus tersebut dapat diamati peningkatan hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran interaktif yang merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang mengembangkan potensi rasa ingin tahu siswa terhadap suatu objek/peristiwa melalui pertanyaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal posttest diakhir siklus dan observasi aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMPN 4 Bambang mengalami peningkatan hasil belajar dimana nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 43,3 sedangkan siklus II sebesar 77,2. Dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 11% meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kriteria sangat baik