Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik: Workshop Peningkatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik UPT SPF SD Negeri Sangir Makassar

  • Sulfiani Masri Universitas Sawerigading Makassar
  • Nurjayanti Kaharuddin Universitas Sawerigading Makassar
  • Nurul Magfira Universitas Sawerigading Makassar
  • Nana Erna Universitas Sawerigading Makassar
Keywords: Menulis, Puisi, Teknik Akrostik,

Abstract

Menulis bagian dalam kompetensi berbahasa masih dianggap sulit dan tidak semua peserta
didik mampu untuk mealakukannya. Rendahnya kemampuan menulis khususnya dalam menulis
puisi dipicu oleh kurangnya minat dan antusias peserta didik dalam menulis khusus pada tingkat
sekolah Dasar. Namun hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh peserta didik ditingkat dasar tetapi
kesulitan juga terasa di bangku perguruan tinggi. Melihat hal tersebut maka Tim Dosen PKM Fkip
melakukan workshop terkait literasi dan Numerasi pada peserta didik di SD Negeri Sangir
Makassar dengan memberikan beberapa solusi kepada peserta didik dengan menyiapkan pelatihan
bagi peserta didik dalam menulis puisi. Adapun bentuk pelatihan yang diberikan berupa pemberian
materi puisi, contoh puisi dengan teknik akrostik, diskusi, menulis puisi dengan tema
menggunakan nama peserta didik, melakukan evaluasi dan membaca puisi. Adapun hasil yang
dicapai meliputi; 1) Meningkatkannya pengetahuan dan Keterampilan (skill) bagi Peserta Didik
dalam Menulis Puisi dengan Teknik Akrostik, 2) Meningkatkan Minat Menulis Puisi dengan
Teknik Akrostik, 3) Kerjasama dan Kolaborasi antar Pihak, dan 4) adanya Media Pembelajaran
yang menarik dalam hal ini penggunaan teknik akrostik dalam menulis puisi.

References

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
SAWERIGADING
Vol. 4, No. 1, Maret, 2025
57
Daftar Referensi
Agustina, E. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum
2013. AKSARA Jurnal Bahasa Dan Sastra, 84-99.
Bawamenewi, A. (2021). Teknik Akrostik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi.
EDUMASPUL, 638-642.
Cahyanti, E. D., Asri, S. A., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi
Melalui Teknik Akrostik Berbantuan Media Audiovisual. Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 199-208.
Dewi, Baiq Joya Pitria Rosita. & Karma, I Nyoman. 2021. Analisis Kemampuan Menulis Puisi
Siswa Kleas V SDN 43 Ampenan Tahun AJARAN 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi
Pendidikan. 6(4): DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.340
Ningtyas, Nhingfaitul., & Maraulia, Asri Musandi. 2024. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi
dengan Teknik Arostik dan Media Lagu pada Kelas 8C SMP 6 Madiun Tahun pelajaran
2023/2024. Jurnal 3 (3).: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Tarigan, H.G. (2015). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Sumiyati. 2022. Keefektifan Teknik Akrostik Dalam Keterampilan Menulis Puis. LANGUAGE:
Jurnal P4I, Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra.2 (3).
Supriyanto. (2020). Pembelajaran Puisi, Apresiasi Dari Dalam Kelas. Yogyakarta: Deepublish
Published
2025-03-31