Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Bagi Tenaga Kesehatan di Klinik Pratama Unhas Barayya Makassa
Abstract
Program pelatihan bahasa Inggris medis telah dilaksanakan di Klinik Pratama UNHAS Barayya
Makassar sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan meningkatkan
kompetensi komunikasi tenaga kesehatan dalam menghadapi pasien asing. Kegiatan ini dirancang
melalui pendekatan partisipatif dan metode pembelajaran interaktif, seperti role-play dan simulasi
percakapan medis. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata
medis dasar, kepercayaan diri peserta dalam berbicara bahasa Inggris, serta kemampuan memahami
dan menyampaikan instruksi medis dalam konteks klinis. Selain itu, program ini juga mendorong
terbentuknya perubahan sosial berupa peningkatan kesadaran kolektif tentang pentingnya penguasaan
bahasa asing di lingkungan profesional, munculnya pemimpin informal sebagai agen perubahan, dan
terbentuknya kelompok belajar mandiri. Temuan ini didukung oleh teori pembelajaran transformatif
dan teori pemberdayaan bahasa, yang menunjukkan bahwa intervensi edukatif dapat mendorong
perubahan perilaku dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Program ini direkomendasikan
untuk dilanjutkan melalui pelatihan lanjutan dan penyediaan materi belajar mandiri untuk mendukung
pengembangan profesional tenaga kesehatan secara berkelanjutan
References
56(1), 57–64. https://doi.org/10.1093/elt/56.1.57
Candlin, C. N., & Sarangi, S. (2004). Making communication work in healthcare settings:
Towards an interactional and discursive approach. Communication & Medicine, 1(1),
1–12. https://doi.org/10.1558/cam.v1i1.1
Mezirow, J. (2003). Transformative learning as discourse. Journal of Transformative
Education, 1(1), 58–63. https://doi.org/10.1177/1541344603252172
Ng, K. H., & Chan, C. (2022). Medical English education for healthcare professionals: Needs
analysis and curriculum development. English for Specific Purposes, 66, 12–25.
https://doi.org/10.1016/j.esp.2022.01.003
Norton, B., & Toohey, K. (2011). Identity, language learning, and social change. Language
Teaching, 44(4), 412–446. https://doi.org/10.1017/S0261444811000309
Skelton, J. R., & Wearn, A. M. (2003). English in medicine: Communicating with patients who
speak limited English. The British Journal of General Practice, 53(489), 641–642
Copyright (c) 2025 nurfajriah basri, Nana Erna, Mardiana Ahmad, Mardiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.