Spelling Bee Contest: Strategi Peningkatan Kosa Kata dan Keterampilan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah dasar pada Kegiatan “British English Battle 2025”
Abstract
Keterampilan berbahasa inggris merupakan modal pokok dalam membangun pergaulan global dewasa ini. Dengan menguasainya, seseorang dapat mengembangkan diri, pengetahuan, serta karir di kemudian hari. Syarat fundamental agar sesesorang dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa inggris ialah dengan memperkaya perbendaharaan kata. Oleh karenanya, pengabdian ini ditujukan untuk membantu para siswa sekolah dasar dalam meningkatkan vocabulary mereka melalui permainan yang dikonteskan. Permainan tersebut ialah spelling bee. Permainan spelling bee, tidak hanya menyenangkan, namun juga menantang memori kognitif siswa dalam mengingat susunan huruf dari kata. Untuk mengadakan pengabdian ini, Fakultas Sastra Universitas Sawerigading Makassar menjalin kemitraan dengan lembaga lembaga kursus di makassar bernama Bristish English School. Pengabdian ini berlangsung selama dua hari. Dosen, selaku tim pengabdi, bertindak sebagai dewan juri yang memberikan penilaian kepada siswa. Setelah proses penjurian, empat peserta terbaik berhasil meraih gelar juara: peringkat pertama, kedua, ketiga, dan juara harapan. Penganugerahan ini diharapkan dapat memupuk dan memotivasi semangat siswa dalam belajar Bahasa inggris.
References
Baharuddin, A. F., Nur, S., & Isma, A. (2022). TEACHING STRATEGY IN ENRICHING THE EFL STUDENTS’ VOCABULARY THROUGH LITERATURE. LLT Journal: A Journal on Language and Language Learning, 25(1), 250–262. https://doi.org/10.24071/llt.v25i1.4105
Goodman, B. E., Barker, M. K., & Cooke, J. E. (2018). Best practices in active and student-centered learning in physiology classes. Advances in Physiology Education, 42(3), 417–423. https://doi.org/10.1152/advan.00064.2018
Hasbi, M., Munawir, A., Ahmad, G., & Khair, U. (2022). Teaching Vocabulary Using Games: Empowering Students’ Interest In Elt Classrooms. Jurnal Abdimas Pertikala, 1(3), 155–160.
Li, J., & Che, W. (2022). Challenges and coping strategies of online learning for college students in the context of COVID-19: A survey of Chinese universities. Sustainable Cities and Society, 83(May), 14. https://doi.org/10.1016/j.scs.2022.103958
Mardiani, & Baharuddin, A. F. (2023). Literature-Based EFL Instruction: Benefits for Language Skills Development, Learning Motivation, and Cultural Understanding. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 26(2), 796–811. https://doi.org/10.24071/llt.v26i2.6366
Mohzana, M., Murcahyanto, H., Fahrurrozi, M., & Supriadi, Y. N. (2023). Optimization of Management of Laboratory Facilities in the Process of Learning Science at High School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8226–8234. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5249
Pennycook, A. (2025). On being heard: English, voice, and linguistic authority. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 14(3), 451–460. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijal.v14i3.79476
Qomariyah, S. S., & Nafisah, B. Z. (2020). Spelling Bee Game in Students’ Vocabulary Achievement. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 7(2), 89. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v7i2.3200
Copyright (c) 2025 Andi Farid Baharuddin, Nurfajriah Basri, Nana Erna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.