Jurnal Aksara Sawerigading https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas <p style="text-align: justify;"><em>Jurnal Aksara</em>&nbsp;Sawerigading adalah jurnal penelitian <em>peer review open access</em> berkualitas yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sawerigading Makassar).&nbsp;<em>Aksara Sawerigading </em>&nbsp;menyediakan <em>platform </em>yang menyambut dan mengakui Artikel makalah penelitian asli empiris berkualitas tinggi dibidang pendidikan yang ditulis oleh para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh Indonesia. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu pendidikan kebahasaan dan <br>kesusastraan.<em><strong>&nbsp;</strong></em>yang telah memiliki <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220225070761415">E-ISSN 2828-6995</a>.&nbsp;Jurnal ilmiah pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan linguistic terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Maret dan September.</p> <p style="text-align: justify;"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220225070761415">https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220225070761415</a></p> en-US Sun, 01 Dec 2024 01:43:19 +0800 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/385 <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Sejak Maret 2020, semua satuan pendidikan di Indonesia melaksanakan program Belajar di Rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) setelah COVID-19 dinyatakan masuk ke negara ini. Pemerintah segera menginstruksikan semua siswa untuk belajar dari rumah dan menerapkan PJJ sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran virus ini di masyarakat. Sistem pembelajaran daring (online) mengacu pada metode pembelajaran yang tidak melibatkan interaksi tatap muka langsung antara guru dan siswa, melainkan dilakukan melalui internet. Guru perlu memastikan bahwa proses belajar mengajar tetap berlangsung meskipun siswa berada di rumah. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mendesain media pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan platform daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media pembelajaran berbasis video dalam konteks pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form dengan pendekatan kualitatif.</p> anita candra dewi, Baharman Copyright (c) 2024 Jurnal Aksara Sawerigading https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/385 Tue, 17 Sep 2024 00:00:00 +0800 PERAN PENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/386 <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Di era yang terus berkembang dan kompleks ini, pendidikan tidak hanya tentang memperoleh pengetahuan akademik semata. Selain pengetahuan, penting bagi generasi muda untuk mengembangkan karakter yang kuat dan moral yang baik. Pendidikan karakter memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk pribadi yang berkualitas dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. Lingkungan seperti masyarakat, sekolah, dan keluarga sendiri dapat menjadi tempat pembelajaran untuk mendapatkan atau menerima pendidikan karakter. Masyarakat dapat membantu menjadi wadah dalam menciptakan suasana lingkungan yang sesuai dengan untuk pembentukan karakter bagi generasi muda. Begitupun dengan sekolah yang harus memberikan atau menanamkan pendidikan karakter yakni dengan mencakup aspek emosional, sosial, moral, spiritual. Lingkungan keluarga seperti orang tua harus memberikan contoh tauladan untuk anaknya.</p> anita candra dewi Copyright (c) 2024 Jurnal Aksara Sawerigading https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/386 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0800 PENGEMBANGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN NOVEL TOTO CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/393 <p>Pembelajaran novel membutuhkan pendekatan yang tepat. Pendekatan itu adalah pendekatan kontekstual Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian yang bertujuan mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan elemen pendekatan kontekstual dalam pembelajaran novel Penelitian pengembangan ini dilakukan di beberapa sekolah menengah atas. Data dikumpulkan dengan observasi dan penyebaran angket Penelitian ini menghasilkan model pendekatan kontekstual dalam pembelajaran novel Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela karya Tesuko Kuroyanagi sekaligus mengusulkan judul novel tersebut sebagai bahan ajar mengingat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hasil dari penerapan ini berbentuk nilai dengan menggunakan ranah kognitif dan afektif Pada ranah kognitif ketuntasan belajar mencapai 100% dengan nilai rata-rata siswa 83,2 dan 82,6 Pada ranah afektif keuntasan belajar mencapai 94,8% dengan nilai rata-rata 80,5 Pada ranah afektif penilaian dengan angka selanjutnya diinterpretasikan ke dalam nilai bentuk huruf Berdasarkan hasil penelitian itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual sangat cocok digunakan dalam pembelajaran Novel Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela. Penerapan pendekatan ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran</p> fathullah wadji, Sahrul Syawal Copyright (c) 2024 Jurnal Aksara Sawerigading https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/393 Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0800 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI PENERAPAN STRATEGI 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN) https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/408 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara penerapan strategi 3M yang dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Mendeskripsikan cara penerapan strategi 3M untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen&nbsp; pada tahap evaluasi, mendeskripsikan cara penerapan strategi 3M untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen&nbsp; pada tahap perencanaan, endeskripsikan cara penerapan strategi 3M untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen&nbsp; pada tahap pelaksanaan.</p> <p>Sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru sudah menerapkan langkah-langkah strategi 3M dengan tepat sehingga keterampilan siswa dalam menulis cerpen dapat meningkat. Peningkataan keterampilan siswa tersebut dapat terlihat baik dalam proses belajar mengajar maupun hasil karya menulis cerpen masing-masing. Dengan menggunakan strategi 3M, siswa tampak antusias mengikuti pelajaran dan materi yang diberikan oleh guru serta siswa aktif bertanya mengenai kendala-kendala yang dihadapi dalam menulis cerpen.</p> Nurjayanti Kaharuddin Copyright (c) 2024 Jurnal Aksara Sawerigading https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/408 Tue, 24 Sep 2024 00:00:00 +0800 Peningkatan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Strategi Neighborhood Walk Siswa Kelas VII.1 SMPN 6 Moncongloe Maros https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/407 <p>Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan strategi N<em>eighborhood Walk </em>atau yang disebut dengan pendekatan lingkungan siswa kelas VIII.1 SMPN 6 Moncongloe Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK). Fokus penilaiannya terdapat pada isi, diksi, amanat, dan kerapian tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menulis karangan puisi, memberikan pengetahuan baru baik bagi guru maupun siswa pada bidang studi bahasa Indonesia dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan strategi yang diterapkan, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis karangan puisi dengan strategi <em>Neighborhood Walk </em>berhasil meningkatkan nilai dan gairah semangat belajar siswa, (3) Berdasarkan hasil data yang diperoleh dengan persentase 59% pada siklus I dengan kriteria cukup sedangkan siklus II memperoleh persentase 86% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut terbukti bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus II.</p> Sulfiani Masri, Isnani Arianti Copyright (c) 2024 Jurnal Aksara Sawerigading https://ojs.unsamakassar.ac.id/jas/article/view/407 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0800