Peningkatan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Strategi Neighborhood Walk Siswa Kelas VII.1 SMPN 6 Moncongloe Maros

  • Sulfiani Masri Universitas Sawerigading Makassar
  • Isnani Arianti Universitas Sawerigading
  • Lusi Susanti Universitas Sawerigading
Keywords: Menulis Puisi, strategi Neighborhood Walk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan strategi Neighborhood Walk atau yang disebut dengan pendekatan lingkungan siswa kelas VIII.1 SMPN 6 Moncongloe Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK). Fokus penilaiannya terdapat pada isi, diksi, amanat, dan kerapian tulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menulis karangan puisi, memberikan pengetahuan baru baik bagi guru maupun siswa pada bidang studi bahasa Indonesia dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan strategi yang diterapkan, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis karangan puisi dengan strategi Neighborhood Walk berhasil meningkatkan nilai dan gairah semangat belajar siswa, (3) Berdasarkan hasil data yang diperoleh dengan persentase 59% pada siklus I dengan kriteria cukup sedangkan siklus II memperoleh persentase 86% dengan kriteria sangat baik. Hal tersebut terbukti bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus II.

Published
2024-09-28
Section
Articles