PEMBINAAN MASYARAKAT BERBASIS PENDIDIKAN NILAI DAN NORMA DI INDONESIA
Abstract
Nilai menjadi sesuatu yang berharga dan dianggap bernilai adil, baik, benar dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri. Sekumpulan nilai yang dianut oleh seseorang dapat diistilahkan sistem nilai. Sistem nilai yang ada pada masyarakat perlu berwujud nilai yang kongkrit, dimana kingkritisasi ini menghasilkan norma. Metode studi literatur digunakan dalam menggambarkan dan menganalisis penelitian ini. Menggunakan data pustaka, kemudian bahan kajian dibaca, dicatat, dan diolah selanjutnya data dianalisis dan dikompilasi serta ditarik kesimpulan. Hasil kajian artikel ini menunjukkan bahwa pendidikan nilai dan moral yang ideal, pada dasarnya bertumpu pada proses meniru dan keteladan yang berlangsung pada pendidikan di keluarga, sekolah, dan masyarakat dimana seseorang hidup dan tinggal. Sehingga seseorang atau masyarakat memiliki standar nilai – norma – moral sebagai landasan untuk membangunan jati diri, mentalitas dan moralitasnya.
References
Muawan Djamal, Samhi. Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. (Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. Jurnal Adabiyah Vol. 17 Nomor 2/2017.
Parmono. Nilai dan Norma Masyarakat. (Fakultas Filsafat Universitas Gadjah mada). Jurnal Filsafat No. 23 November 1995.
Purwaningsih, Endang. Keluarga dalam mewujudkan pendidikan nilai sebagai upaya mengatasi degradasi nilai moral. (Pontianak: Pendidikan IPS,FKIP, Universitas Tanjungpura). Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol. 1. No. 1. April 2010.
Sulton. Realitas Pendidikan Nilai Di Lingkungan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat. (Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016.
Suyatno. Nilai, Norma, Moral, Etika Dan Pandangan Hidup Perlu Dipahami Oleh Setiap Warga Negara Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. (prodi PPKn FKIP UNS). Jurnal PKn Progresif, Vol. 7 No. 1 Juni 2012.
Wulanjari, Ismi Dkk. Implementasi Nilai Dan Norma Oleh Guru Sosiologi Melalui Interaksi Edukatif Di MAN 1 Pontianak. . (program studi pendidikan sosiologi FKIP UNTAN Pontianak).