EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBERDAYAAN CALON IBU TENTANG GIZI : PERSPEKTIF INTERAKSI SOSIAL

  • Ernawati S. K Universitas Negeri Makassar
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Calon Ibu, Pemberdayaan, Gizi, Interaksi Sosial

Abstract

Prioritas utama dalam lingkup kesehatan masyarakat adalah menjaga kesejahteraan ibu dan anak. Saat mempertimbangkan hal ini, masa kehamilan menjadi periode yang menuntut pemahaman secara mendalam tentang pentingnya konsumsi gizi seimbang. Hal ini mendorong munculnya komunikasi interpersonal sebagai sebuah metode sangat efektif dalam membangun interaksi sosial sehingga diharapkan dapat memberikan dukungan secara personal kepada calon ibu. Untuk itu, artikel kajian ini bertujuan untuk mengambarkan dan menganalisis efektifias komunikasi interpersonal dalam pemberdayaan calon ibu sehingga mereka dapat meningkatkan kesadaran  dan mampu mengubah perilaku akan pentingnya gizi selama kehamilan. Metode studi literatur digunakan dalam menggambarkan dan menganalisis artikel penelitian ini. Sumber  dan  metode  pengumpulan  data, yakni dengan  mengambil  data  di  pustaka, kemudia dibaca,  dicatat,  dan  diolah  bahan  penelitian  yang berhubungan dengan penelitian. Analisis  data  dimulai  dengan  menganalisis hasil  penelitian  dari  yang  paling relevan, selanjutnya  mencatat  bagian-bagian  penting dan dikompilasi kemudian dianalisis, dan ditarik  kesimpulan. Hasil kajian artikel  ini menunjukkan komunikasi interpersonal yang efektif adalah kunci pemberdayaan tentang gizi kepada calon ibu karena melibatkan berbagai aspek, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung dan penggunaan bahasa yang mudah dimengerti. Dalam pelaksanaan pemberdayaan pada calon ibu, tantangan komunikasi interpersonal dalam membangun interaksi sosial, yakni keterbatasan waktu. ada keterbatasan sumber daya, anggaran, tenaga kerja dan fasilitas, keterbatasan pengetahuan masyarakat,  keterbatasan bahasa.

References

Agustina, A., Kusumastuti, R. D., & Permatasari, P. (2020). Pemberdayaan Nutrisi pada Ibu Hamil untuk Mencegah dan Menanggulangi Anemia Gizi Besi melalui Komunikasi Interpersonal. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 458–468.
Hikmawati, I., Monicha, M., Hasanah, N. Z., & Rizqiya, F. (2022). PEMBERDAYAAN GIZI PADA IBU HAMIL DI RT 03 RW 03 DESA SIBANTENG, KECAMATAN LEUWISADENG, KABUPATEN BOGOR. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1).
Kartinawati, K. T. (2022). Pemberdayaan Gizi Seimbang pada Ibu Hamil untuk Pencegahan Stunting di Desa Ban, Karangasem, Bali. Warmadewa Minesterium Medical Journal, 1(2), 39–44.
Mardalis. (1989). Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara, Vol 26.
Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Tasnim, Mustar, Ramdany, R., Manurung, E. I., Sianturi, E., Tompunu, M. R. G., Sitanggang, Y. F., & Maisyarah, M. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.
United Nations Children’s Fund. (2021). Strategi Komunikasi Perubahan Sosial dan Perilaku: Meningkatkan Gizi Remaja di Indonesia. UNICEF.
Yuliastuti, T., Sidharta Yohanes, Y. T., & Waru, T. (2018). ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB) DALAM KEIKUTSERTAAN AKSEPTOR KB MEDIS OPERATIF PRIA (MOP). JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 1(1). https://doi.org/10.29303/jcommsci.v1i1.7
Yusriani, Y. (2021). Pendekatan Health Belief Model Dalam Komunikasi Interpersonal Tentang Protokol Kesehatan Antara Ibu Hamil dan Petugas Kesehatan. Journal of Muslim Community Health, 2(4), 41–55.
Published
2023-11-21
Section
Articles