COPING STRATEGI PEREMPUAN WARUNG REMANG – REMANG DI DESA SIAWUNG KABUPATEN BARRU

  • A. Syafa Mutmainna Azus Universitas Negeri Makassar
  • Firdaus W Suhaeb Universitas Negeri Makassar
  • Mauliadi Ramli Universitas Negeri Makassar
Keywords: Coping Strategi, Dampak, Pemenuhan Kebutuhan Hidup, Perempuan Pekerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui coping strategi perempuan warung remang – remang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di Desa Siawung Kabupaten Barru dan untuk mengetahui bagaimana dampak dari coping strategi yang telah dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dengan penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: coping strategi perempuan warung remang – remang dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya meliputi tiga aspek, yaitu strategi aktif, pasif dan jaringan, ditemukan juga dampak dari coping strategi yang di lakukan terdiri dari dampak positif berupa terpenuhinya kebutuhan hidup yang dimiliki dan dampak negatif berupa munculnya tekanan sosial dan tekanan batin yang di rasakan.

References

Amruddin. ( 2021 ). Deprivasi Sosial Ekonomi Dan Nafkah Petani Pada Desa Perbatasan Kota (Studi Kasus Di Desa Kanjilo Kabupaten Gowa).
Jurnal Washiyah. ( 2020 ). Strategi Pemenuhan Kebutuhan Hidup Penyandang Tunadaksa (Studi Kasus Di Desa Paladingang Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa).
Kartono Kartini. ( 2005 ). Patologi Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Press, Hlm.216.
Ritzer. ( 2008 ). Foundation of Social Theory berdasarkan perspektif pilihan rasional.
Koentjoro. ( 2004 ). On The Spot: Tutur Dari Sarang Pelacur. Yogyakarta: Tinta,Hlm. 36. .
Kondar Siregar. ( 2015 ). Secara Etimologi Kata Prostitusi Berasal Dari Bahasa Latin Yaitu “Pro-Stituere)”, Model Pengantaran Hukum Tentang Pencegahan Tindak Prostitusi Berbasis Masyarakat Adat Dalihanan Na Tolu, Perdana Mitra Handalan, Hal 1-3.
Eli Yana. ( 2017 ). Analisis dampak kebijakan UMK terhadap pemenuhan kebutuhan komsumsi dasar personal buruh perspektif ekonomi Islam ( studi pada pabrik singkong BW Kec. Sungkai Selatan Kab. Lampung Utara).
Sumarni. ( 2021 ). Janda Single Parents Kajian Tentang Keadaan Sosial Ekonomi Pasca Perceraian dan Coping Strategi Keluarga Janda di Desa Bonto Maccini Kabupaten Bantaeng.
Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, S. A. (2020). Strategi Pemenuhan Kebutuhan Hidup Penyandang Tunadaksa ( Studi Kasus di Desa Paladingang Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa). Dalam Jurnal Washiyah (Vol. 1, Issue 4).
Purnomo. ( 2010 ). Prostitusi Atau Pelacuran Menurut Commemge .
S Rejeki. ( 2016 ). Teori Pilihan Rasional James S. Coleman dan Teori Kebutuhan Prestasi David McClelland
Simanjuntak. ( 1982 ). Pekerja Seks Komersial Pengantar Kriminiologi dan Patologi Sosial, Bandung: Tarsito,Hlm.25, dalam skripsinya R. Christyna Pardede, 2008, Upaya Kepolisian dan Peran Serta Masyarakat dalam S Menanggulangi Kejahatan Prostitusi (Studi: Wilayah Hukum Polsek Balige), Fakultas Hukum, Universitas Sumatra Utara, Medan,Hlm.15.
Siti Maryam. ( 2017 ). Strategi Coping: Teori dan Sumberdayanya.
Sugiyono.P.D. ( 2019 ). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D (Mr.Dr.Ir. Sutopo,S.Pd).
Sukman. ( 2015 ). Strategi Pemenuhan Kebutuhan Hidup.
Published
2023-10-04
Section
Articles