OPTIMALISASI PELAYANAN DI POLRES TAKALAR MENGHADAPI CITRA BURUK KEPOLISIAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana budaya kerja kepolisian dalam mengoptimalkan pelayanan administrasi pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Takalar, di tengah berbagai citra buruk yang menerpa lembaga kepolisian di Indonesia, Sulsel secara khusus. Banyaknya berita negatif tentang polisi yang memenuhi pemberitaan di media sosial, citra buruk tentang Polri, apakah juga terjadi hal yang sama pada kualitas pelayanan di kantor satuan penyelenggara administrasi SIM Polres Takalar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) jenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara serta studi literasi. Data-data dari penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder, sedangkan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, dan wawancara langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana serta penampilan petugas pelayanan pada saat melayani sudah baik karena dilengkapi standar operasional prosedur (SOP) saat memberikan pelayanan, misalnya dalam hal proses masyarakat mengantri untuk dilayani oleh petugas.
References
Dwiyanto, A. (2017). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media.
Ibrahim. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Impementasinya. Bandung: Mandar Maju.
Kuswadi. Ratna Eka (2017) Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Kabupaten Gunung Kidul. Universitas Negeri Yogyakarta.
Lukman. S.(2000). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Pers. Mahmudi. (2012). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mulyawan, R .(2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. Cetakan I . Sumedang: Unpad Perss.
Moleong, L. (2011). Metode Penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Pasolong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.
Sarmini, A. (2019). Kualitas Pelayanan Surat Izin (SIM) Pada Kantor Satuan Lalu Lintas Karimun, Jurnal Kopertis, 2, 246-257.
Sinambela. (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo. A (2017) Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung. Universitas Negeri Yogyakarta.
Tjiptono. F (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media Publishing.
Tjiptono. F (2008). Stategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offis UU NO.32 Tahun 2004.
Widodo, J. (2001). Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik. Malang: CV Citra.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992 Pasal 18 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.
/dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Aryanta, I. W. R. (2019). Bawang Merah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Widya Kesehatan, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.32795/widyakesehatan.v1i1.280
Fuadi, A. (2015). Negara Kesejahteraan (Welfare State). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2015.5(1).13-32
Hadiyan, E. (2015). Peranan dan Manfaat BMT dalam Peningkatan Ekonomi Umat (Studi pada BMT At Taqwa Kabupaten Ciamis). Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBIMA), 3(2), 107–121. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jbm/article/view/126
Hatu, R. (2011). Perubahan Sosial Kultural Masyarakat Pedesaan. Inovasi, 8(4), 1–11. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/721/664
Hidayaturrahman, M., Moerod, M., Laily, N., Wisman, Y., Goa, L., Derung, T. N., Sugiantiningsih, A. A. P., Yahya, Agusrianto, E., & Handayani, E. (2020). Teori Sosial Empirik. In R. Ma’mun (Ed.), Edulitera (1st ed., Issue 1). Edulitera. https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_sosial
Husna, N. (2014). Ilmu kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(29), 45–58.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v20i29.114
Istina, I. N. (2016). Peningkatan Produksi Bawang Merah Melalui Teknik Pemupukan NPK. Jurnal Agro, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.15575/810
Keumala, C. M., & Zainuddin, Z. (2018). Indikator Kesejahteraan Petani Melalui Nilai Tukar Petani (NTP) dan Pembiayaan Syariah Sebagai Solusi. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 129–149. https://doi.org/10.21580/economica.2018.9.1.2108
Manab, A. (2015). Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif (K. Aibak (ed.); 1st ed.). KALIMEDIA. http://repo.iain- tulungagung.ac.id/10156/1/Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif.pdf
Mansur. (2016). Profil Desa Ujung Bulu. http://desaujungbulu.blogspot.com/2016/10/deskripsi-desa-ujung- bulu-jeneponto.html
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305 Muhammad, N. (2017). Resistensi Masyarakat Urban dan Masyarakat
Tradisional dalam Menyikapi Perubahan Sosial. Substantia, 19(2), 149–168. https://www.jurnal.ar-
raniry.ac.id/index.php/substantia/article/view/2882/2109
Mustanir, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kewirausahaan
Entrepreneurship Community Empowerment. Jurnal, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.31219/osf.io/j9rx5
Nawawi, H. H. (2019). Metode Penelitian Bidang Sosial (15th ed.).
Gadjah Mada Uneversity Press. https://doi.org/M192
Nursalam, Suardi, & Syarifuddin. (2016). Teori Sosiologi Klasik, Modern, Posmodern, Saintifik, Hermenutik, Kritis, Evaluatif dan Integratif. In M. Akhir (Ed.), Writing Revolution (1st ed.). Writing Revolution. https://drive.google.com/file/d/1kFYSu4uOe2g2XOTGzx_P1aD_Po 6AiZpf/view?usp=sharing
Pranata, A., & Umam, A. T. (2015). Pengaruh Harga Bawang Merah Terhadap Produksi Bawang Merah Di Jawa Tengah. Jejak, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.15294/jejak.v8i1.3852
Purwana, A. E. (2014). Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Justicia Islamica, 11(1), 1–25. https://doi.org/10.21154/justicia.v11i1.91
Pusparini, M. D. (2015). Konsep Kesejahteraan Dalam Ekonomi Islam (Perspektif Maqasid Asy-Syari’ah). Islamic Economics Journal, 1(1), 45. https://doi.org/10.21111/iej.v1i1.344
Rajab, A. (2017). Peran Perubahan Undang-Undang Kewarganegaraan dalam Mengakomodir Diaspora untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Konstitusi, 14(3), 531–552. https://doi.org/10.31078/jk1434
Sodiq, A. (2015). Konsep Kesejahteraan Dalam Islam. Equilibrium, 3(2), 380–405. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v3i2.1268
Suardi, Hasia, Ramlan, H., Mutiara, I. A., Nur, S., Syarifuddin, & Muchtar, F. Y. (2020). Implikasi Sosial Kontribusi Buruh Wanita Terhadap Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Enrekang. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(4), 407–414.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. In Alfabeta (10th ed.). https://www.pdfdrive.com/prof-dr-sugiyono- metode-penelitian-kuantitatif-kualitatif-dan-rd-intro-d56379944.html
Suryono, A. (2014). Kebijakan Publik Untuk Kesejahteraan Rakyat. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 6(2), 98–102. https://doi.org/10.31334/trans.v6i2.33
Wahyuni, S. (2010). Perilaku Petani Bawang Merah Dalam Penggunaan dan Penanganan Pestisida Serta Dampaknya Terhadap Lingkungan (Studi Kasus di Desa Kemukten, Kecamatan Kersana, Kabupaten Brebes) [UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG]. In Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia (Vol. 0, Issue 0). http://eprints.undip.ac.id/24759/
Widian, M., & Subono, N. I. (2019). Keberhasilan Serikat Petani Indonesia dalam Perjuangan Hak Asasi Petani Tahun 2001-2018. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 132–147.
https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2575