PERBANDINGAN KURIKULUM 13 DAN KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI ASESMEN PEMBELAJARAN

PERBANDINGAN KURIKULUM 13 DAN KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI ASESMEN PEMBELAJARAN

  • rahma sinar amin Universitas Mega Rezky Makassar
  • Irfawandi Samad Universitas Al Asyaria Mandar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perbandingan dari Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam hal ini dapat ditinjau dari konteks asesmen pembelajaran yang berada di sekolah MTs Arrahmah Patimpeng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara  melalui informasi dari sekolah terkhusus dari guru kurikulum dan guru- guru pengajar serta mengumpulkan beberapa sumber buku, litratur dan karyah ilmiah.  Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pembanding dari aspek kerangka dasar, bahan ajar, kompotensi yang dicapai, serta pada aspeka asesemen. Hasil asesmen kurikulum 2013 dilakukan secara komprenhensif melalui kognitif,efektif dan psikomotorik sedangkan untuk kurikulum merdeka dilakukan pengembangan kompetensi dengan berbasis pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan adanya kedua Kurikulum ini menunjukkan bahwa proses pembelajarannya dapat mengembangkan kemandirian peserta didik, membangun kepercayaan dirinya dan melakukan interaktif bersama dengan teman serta terdapat beberapa kelemahan dan kelibihan dalam penerapan kedua kurikulum ini.

Published
2024-09-30