PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • ippank samad universitas al asyariah mandar
  • Mansyur Universitas Mega Rezky Makassar
Keywords: Model Inquri, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dengan jumlah siswa 18 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklusĀ  terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes akhir setiap siklus, mengisi lembar aktivitas siswa selama pembelajaran dan lembar keterlaksanaan penelitian pada siklus I dan siklus II, analisis data dilakukan dengan menggunakan stastistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terlihat dari hasil tes akhir siklus I 50% meningkat pada siklus II dengan persentase 88,88% dan juga dapat dilihat dari observasi aktivitas siswa dengan meningkatnya indikator-indikator yang meliputi delapan aspek serta adanya peningkatan keterlaksanaan peneliti dalam mengajar dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pemebelajaran Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan yaitu dengan kriteria ketuntasan 75% pada materi Segiempat dan Segitiga kelas VII SMP YPI PGRI Makassar

Published
2024-03-31