PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME NOVICK MELALUI KEMAMPUAN MEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA

  • ippank samad universitas al asyariah mandar
  • Ari Wibowo Hikmal universitas sawerigading makassar

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Campalagian. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui tahapan perencanaan (Planning), pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observing, dan refleksi (Reflection). Dalam proses pembelajaran siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II,  dalam menerapkan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika social. Hal  ini dapat dilihat dari rata-rata nilai tes akhir siswa. Pada siklus I dimana rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemecahan masalah siswa adalah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang 39,13% dan siswa yang belum tuntas sedangkan sebanyak 14 orang atau 60,87% belum tuntas.sedangkan pada siklus II rata-rata nilai tes hasil kemampuan pemecahan masalah sisiwa adalah sebanyak 21 orang atau 91,30% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 8,70%.  Disamping itu sebagian besar memiliki sikap disiplin, jujur, tanggung jawab serta kerjasama dalam pembelajaran sudah meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil ini telah melampaui kriteria ketuntasan klasika di VII SMP Negeri 3 Campalagian yaitu 85%. Ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan Model Kontruktivisme Novick dalam memecahan masalah matematika aritmatika meningkat.

Published
2023-03-28
Section
Articles