PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN METODE DIALOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA KRISTEN KONDOSAPATA MAKASSAR

  • rezeki amaliah STKIP Pembangunan Indonesia
  • Elentrius Jali Bonis Bentah Bonis Bentah
  • Muh. Yahya STKIP Pembangunan Indonesia

Abstract

Abstrak

 

Latar belakang penelitian ini, strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah belum maksimal meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran konstruktivistik dengan metode dialog terhdap hasil belajar biologi materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI SMA Kristen Kondosapata Makassar. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari kelas XI MIA yang berjumlah 19 siswa dan XI IIS yang berjumlah 22 siswa. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 41 siswa dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS sebagai kelas kontrol. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen 41,37 dan rata-rata nilai postes 75,32 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 33,95. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretes 34,09 dan nilai rata-rata postes 68,91 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 34,82. Dari analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh nilai , < 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran konstruktivistik dengan metode dialog berpengaruh terhadap hasil belajar biologi materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI SMA Kristen Kondosapata Makassar.

Published
2022-10-21
Section
Articles