PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BALANG BODDONG MAKASSAR

  • muhdaniar universitas Sawerigading Makassar
  • Muh. Rusli Al universitas sawerigading makassar
  • Nurhidayah Universitas andi Djemma Palopo

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SD Negeri Balang Boddong Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Balang Boddong Makassar pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 29 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan tindakan adalah: (1) pada Siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 11 orang (37,93%), (2) pada Siklus II, jumlah siswa yang tuntas belajar matematika sebanyak 25 orang (86,21%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas IV SD Negeri Balang Boddong Makassar setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan realistik.

Published
2022-10-21
Section
Articles