PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

  • Nuranna Universitas Negeri Makassar
  • nana Harlina Haruna universitas sawerigading makassar
  • risnawati universitas sawerigading makassar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa pada Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 45 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: (1) pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 15 orang (33,33%), (2) pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas dalam belajar matematika sebanyak 39 orang (86,67%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II, dan (3) sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan cenderung mangalami perubahan kearah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar matematika siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.

Published
2022-10-21
Section
Articles