Literasi dan Numerasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini

  • Nurfaida Tasni Universitas Negeri Makassar
  • Suryadi Ishak Universitas Negeri Makassar
  • Suhartini Azis Universitas Negeri Makassar
  • Andi Syukriani Universitas Negeri Makassar
  • Fathullah Wajdi Universitas Negeri Makassar
Keywords: literasi, numerasi, anak usia dini, pendidikan berbasis bermain, pengembangan kognitif

Abstract

Pengembangan literasi dan numerasi pada pendidikan anak usia dini merupakan langkah fundamental dalam mendukung perkembangan keterampilan kognitif, sosial, dan emosional anak. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada anak usia dini melalui pendekatan pembelajaran berbasis bermain yang kontekstual dan ramah anak. Pelaksanaan pengabdian melibatkan pelatihan bagi guru dan orang tua, penciptaan lingkungan belajar yang kaya numerasi, serta penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan anak dalam mengenali pola, berhitung, serta memahami konsep dasar geometri dan pengukuran. Selain itu, terjadi sinergi positif antara guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak. Program ini memberikan rekomendasi untuk keberlanjutan kegiatan berupa pelatihan lanjutan, pengembangan media, dan evaluasi berkelanjutan.

References

Aunio, P., Korhonen, J., Bashash, L., & Khoshbakht, F. (2014). Children’s early numeracy in Finland and Iran, International Journal of Early Years Education, 22:4, 423-440, DOI: 10.1080/09669760.2014.988208

Bennett Jr, Albert B., Burton, Laurie J., Nelson, L. Ted. (2012) Mathematics for Elementary Teachers: A Conceptual Approach. 9th Edition.

Curriculum Focal Points for Prekindergarten through Grade 8 Mathematics. (2006). National Council of Teachers of Mathematics.

Cross, Christopher T., Woods,Taniesha A., and Schweingruber, Heidi. (2009). Mathematics Learning in Early Childhood: Paths Toward Excellence and Equity. National Research Council.

Duncan, G. J., et al. (2007). School Readiness and Later Achievement. Developmental Psychology, 43:6, 1428-1446

Heroman, Cate., Candy Jones, Heather Baker.(2020). The Creative Curriculum for Preschool.
Sixth Edition, Vol.3, Literacy. Teaching Strategis. Bethesda. United States of America.

Hughes, A.M., & Green, S. (2009). Problem solving, reasoning and numeracy in the early years foundation stage. Taylor and Francis Group.

John Wiley & Sons Sowell, Evelyn J. 1989. Effects of Manipulative Materials in Mathematics Instruction. Journal for Research in Mathematics Education, 20:5

Kurikulum Merdeka. Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan
Nomor 028/H/KU/2021 Tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, DAN SMALB pada Program Sekolah Penggerak. Tahun 2021.

Reys, R., Lindquist, M., Lambdin, D. V., & Smith, N. L. (2014). Helping children learn mathematics.
Published
2024-11-23