Pelatihan Pembuatan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills bagi Guru MGMP Matematika

  • Adi Akbar Universitas Sawerigading Makassar
  • Ari Wibowo Universitas Sawerigading Makassar
  • Titik Pitriani Muslimin Universitas Sawerigading Makassar
  • Nana Harlina Haruna Universitas Sawerigading Makassar
Keywords: Kemampuan guru, HOTS, Matematika

Abstract

Program pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru matematika dalam menyusun soal matematika berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk evaluasi pembelajaran siswa. Tim fokus pada tiga aspek utama terkait soal HOTS yaitu prinsip-prinsip soal HOTS, langkah-langkah penyusunan soal HOTS, keterkaitan soal HOTS dengan indikator pembelajaran. Pelatihan ini diikuti oleh guru MGMP matematika SMA Muhammadiyah 5 Makassar sebanyak 10 orang. Sesi pelatihan meliputi ceramah dan diskusi, latihan dan revisi, serta presentasi dan pendampingan. Keefektifan program dinilai menggunakan pre-test dan post-test. Analisis deskriptif menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal matematika berbasis HOTS.

 

References

Aisyah, N., Mania, S., Amin, M., Nur, F., & Angriani, A. D. (2021). Analisis soal matematika berbasis HOTS dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 3(2). ISSN 2715-2812 (Online).
Ajizah, R., Karim, K., & Suryaningsih, Y. (2023). Pengembangan soal matematika berbasis higher order thinking skills (HOTS) dengan konteks lahan basah untuk siswa SMP/MTs. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 134-145. https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2030
Akbar, A. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II (SNPMAT II). Kendari: Universitas Halu Oleo Press.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives (Abridge Edition). New York, NY: David McKay Company.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thiking skills matematika siswa SMA kelas X. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98-108.
Balitbang Kemdikbud. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang - Pusat Penilaian Pendidikan. Retrieved from https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/inap-sd/#
Dube, S. (2018). The 21st century students’ educational ICT preferences. International Robotics & Automation Journal, 3(5), 3–6. https://doi.org/10.15406/iratj.2017.03.00069
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah. (2020). Kemampuan siswa dalam mengerjakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 6-10. p-ISSN: 2477-5940, e-ISSN: 2477-8435.
Jusmiana, A. (2014). Deskripsi trajektori berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah litersi matematika (Tesis, Universitas Negeri Makassar).
Myelnawan, M., & Setyaningrum, W. (2021). Kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 83–95. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.16533
OECD. (2014). PISA 2012 results: What students know and can do (Vol. 1). OECD Publications.
Rosnawati. (2012). Profil kemampuan peserta didik Indonesia menurut benchmark internasional (bidang matematika). Makalah Seminar Nasional Hotel Salak Heritage, Bogor, 3 Desember 2012.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times (First Edition). Jossey-Bass.
Ulumiyah, N., Ismanto, I., & Ilmiyah, N. (2022). Hasil belajar matematika dengan bentuk soal higher order thinking skills (HOTS). Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 31-36 https://doi.org/10.32665/james.v5i1.250
Wijaya, Y., et al. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Published
2024-05-22