PKM Pelatihan Pengembangan Profesi Guru Di Era Society 5.0 SMA Se Kabupaten Majene

  • Syamsu A Kamaruddin Universita Negeri Makassar
  • Hasruddin Nur Universitas Sawerigading Makassar
  • Amrah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Dunia Pendidikan, Era Society 5.0.

Abstract

Dalam pendidikan tentunya tidak terlepas dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pendidik, dimana kegiatan pembelajaran tersebut bertujuan untuk membentuk tahapan berpikir menjadi lebih baik atau kritis sehingga terbentuk perubahan perilaku ke arah yang lebih positif. Society 5.0 lebih menekankan pada upaya menempatkan manusia sebagai pusat inovasi (human centered). Pada studi awal menemukan bahwa Pasca Pandemi Covid 19, Pendidikan  Mengalami proses transisi dari revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. selain itu dalam menghadapi era society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas Para Pendidik (GURU) Karena Era 5.0 telah memperkenalkan teknologi yang mampu berkoordinasi dengan para peserta didik dengan dukungan sebuah sistem IT sangat di butuhkan dalam menyonsong era society 5.0 dalam dunia Pendidikan. Tujuan yang ingin di capai dalam kegiatan ini adalah untuk memberi pemahaman tentang tentang perkembangan Pendidikan menuju era 5.0. Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Pencapaian tujuan dan target yang telah ditetapkan dalam kegiatan ini ditempuh melalui beberapa tahap pelaksanaan. Tahap pertama kegiatan adalah observasi, yaitu mengadakan bentuk orientasi terhadap permasalahan yang di hadapi para tenaga pendidik atau guru yang menjadi sasaran pada kegiatan ini. Tahap kedua yaituu pelaksanaan kegiatan melalui penjelasan tentang bentuk strategi dan pola Pengembangan Konsep Pembelajaran di sekolah pada Era Society 5.0. Tahap ke tiga yaitu demonstrasi dan bimbingan yaitu memberikan kesempatan para peserta untuk menerapkan proses pembelajaran di era society 5.0. Tahap keempat yaitu mengadakan evaluasi, guna mengetahui tingkat penguasaan pengetahuan dan keterampilan peserta pasca pelatihan. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini ialah terdapatnya peningkatan pemahaman dan keterampilan para guru dalam memberikan bentuk pola pembelajaran dalam menghadapi era society 5.0 dalam memajukan Pendidikan yang ada saat ini dan dibekali dengan praktik dalam pelatihannya.

References

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan Spotlight Journal, 47, 47–50. Retrieved from https://www.jef.or.jp/journal/.
Furqon. (2015). Etnopedagogi : Pendekatan Pendidikan Berbudaya dan Membudayakan. Makalah Seminar Internasional. FPIPS Universitas Lambung Mangkurat.
Rahman, Fatur. 2019. Society 5.0: Konsep Peradaban Masa Depan, diakses 12 Mei 2022; tersedia pada :https://medium.com/hmif-itb/society-5-0-konsep- peradabanmasa- epand1b29ebbac9e.
Ria, Desi Rosa. (2020). Guru Kreatif di Era Society 5.0. (https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/394 1/3666. diunduh Jumat, 31 Mei 2022).

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/menyiapkan-pendidik-profesional-di-era-society- 50.
http://hotnewsbatam.com/2019/02/19/society-5-0-solusi-masa-depan-dunia/.
http://sriramadhani2804.blogspot.co.id/2013/05/rancangan-pembelajaran-modelassure_9182.html
Published
2023-10-01