Membangun Karakter Enterpreneur Pada Kelas Inkuler (Inklusi Dan Reguler) Pendidikan Anak Usia Dini

  • Emmy Allas TK Fieqfand Kids School
  • Rahayu Universitas Sawerigading Makassar
Keywords: Jiwa Entrepreneurship, regular, inklusi dan pendidikan anak usia dini

Abstract

Kewirausahaan pada anak usia dini memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilan kreativitas,
inovasi, kemandirian, dan pemecahan masalah. Melalui pendekatan pembelajaran yang tepat, anak-
anak dapat mengenali peluang, mengembangkan sikap proaktif, dan memahami konsep bisnis dasar.
Pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini menekankan pentingnya interaksi langsung dengan
lingkungan sekitar melalui eksplorasi, percobaan, dan peran bermain. Namun, penelitian lebih lanjut
diperlukan untuk memahami efektivitas pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini, dengan
perhatian pada kurikulum, metode pengajaran, dan dukungan institusional. Dalam konteks inklusi,
pendidikan inklusif dapat membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam mengembangkan sikap
proaktif, kreativitas, inovasi, dan pemecahan masalah. Di kelas reguler, strategi pembelajaran seperti
simulasi, permainan peran, dan proyek kewirausahaan efektif dalam membangun karakter wirausaha
pada anak-anak. Pentingnya dukungan dan kerjasama antara pendidik, orang tua, dan pihak terkait
lainnya dalam implementasi strategi ini juga diakui. Lingkungan belajar yang inklusif, interaktif, dan
memberdayakan perlu diperhatikan untuk membangun karakter wirausaha pada anak usia dini,
sehingga mereka dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan, meningkatkan kreativitas, dan
menghadapi masa depan dengan keyakinan.

References

Arifah, Z., & Nurhayati, S. (2020). Membangun Karakter Kewirausahaan Melalui
Studentpreneurship Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Lapangan pada SMP Islam Ngadirejo
Temanggung). ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 28-36.
Draycott, M., Rae, D., & Stoyles, G. (2012). The Development of Entrepreneurial Skills and
Attributes in University-Based Enterprise Education: An International Comparison.
Journal ofSmall Business and Enterprise Development, 19(3), 492-514.
Gorgievski, M., & Bakker, A. (2017). Critical Reflections on the Theory of Entrepreneurial
Potential (TEP). Entrepreneurship Theory and Practice, 41(3), 389-404.
Hartati, Seri (2021) Upaya Sekolah Dalam Menumbuhkan Karakter Entrepreneurship Pada
Siswa Melalui Program Market Day Kelas Tinggi Sdit Al Firdaus Banjarmasin.
Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. Basic Books.
Purwaningsih, D., & Al Muin, N. (2021). Mengenalkan Karakter wirausaha pada anak sejak dini
melalui pendidikan informal. Jurnal Usaha, 2(1), 34-42.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.
Harvard University Press
Yanti, A., & Mauliza, P. (2021). Sterategi Mengembangkan Karakter Entrepreneur Kepada
Siswa Sekolah Menegah Pertama (Smp). Informatika, 9(3), 102-108.
Published
2023-10-01