Penerapan Games Dalam Pembelajaran English Math Bagi Anak SDN 54 Tuarang Kabupaten Pangkep

  • Nana Erna Universitas Sawerigading Makassar
  • Nurfajriah Basri Universitas Sawerigading Makassar
Keywords: Games, Fun Learning. English-Math

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diberi tema “Fun Learning English Math dengan Media Games di SDN 54 Tuarang Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini ditujukan, khususnya untuk siswa kelas V SDN 54 Tuarang kabupaten Pangkep dengan bermacam model games yang diterapkan kepada anak-anak agar mereka termotivasi untuk belajar bahasa inggris dan matematika. Gamesnya adalah Math Scavenger Hunt, Word Match, Spelling Bee, Crossword Puzzle, Board Race, Simon Says. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari di sekolah. Hasil dari kegiatan PKM khususnya penerapan games dalam pembelajaran matematika dan Bahasa inggris mendapat respon positif baik oleh pihak sekolah maupun pemerintah setempat. Dengan penerapan games peserta didik terkhusus siswa kelas V di SDN 54 Tuarang semakin termotivasi dalam belajar.

References

Anas, M., Murti, W., Erna, N., & Syarif, M. N. The Effect of Reciprocal Teaching Learning Model on Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(3).
Dewi, G. P. F. (2012). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dalam bahasa inggris sebagai media pembelajaran siswa sd berbasis macromedia flash. Universitas Negeri Yogyakarta, 1-169.
Murti, W., & Maya, S. (2021). The Effectiveness of Environmental Learning Model On Students' Motivation And Learning Outcomes. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 255-263.
Mustofa, D., Wekke, I. S., & Hasyim, R. (2019). Penerapan Joyfull Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Tinjauan Psikolinguistik). Lisan: Jurnal Bahasa dan Linguistik, 8(2), 110-118.
Nugraheni, N. (2017). Implementasi permainan pada pembelajaran Matematika di sekolah dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 142-149.
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi program kampus mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514-3525.
Santika, R. R., Ramadhan, K., Andri, M., Solehuddin, A., & Juanita, S. (2019). Implementasi Game Edukasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Metode Game Development Life Cycle Dan Pendekatan Taksonomi Bloom. Sebatik, 23(2), 392-402.
Ulfa, F. (2013). Media Used By The Teacher In Teaching English For Young Learners At Tk Anak Saleh Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140-147.
Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game edukasi matematika untuk sekolah dasar. Jurnal Informatika Mulawarman, 10(2), 59-64.
Published
2023-09-27