In House Training Bagi Guru Sd Negeri Sangir: Penyusunan Penilaian Autentik Aspek Sikap, Pengetahuan Dan Keterampilan

  • Titik Pitriani Muslimin Universitas Sawerigading Makassar
  • Ary Wibowo Universitas Sawerigading Makassar
  • Abdul Rahim UPTSPF SDI Maccini Sombala
Keywords: In House Training, Penyusunan Penilaian, Penilaian Autentik

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan di SDN Sangir Kota Makassar dan sekaligus menjadi mitra PKM. Berdasarkan raport mutu SD Negeri Sangir tahun 2021 menunjukkan bahwa standar penilaian pendidikan masih dalam kategori rendah. Dari hasil wawancara diperoleh data bahwa semua guru telah menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar, namun masih banyak kendala yang menyangkut pemahaman guru mengenai instrument penilaian terutama pada indikator intrument untuk aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Olehnya itu kami selaku tim pengabdian menawarkan suatu solusi berupa pelaksanaan In House Training (IHT) penyusunan instrument penilaiaan. Kegiatan IHT ini akan memfasilitasi guru-guru dalam pengembangan dirinya guna menghasilkan instrument penilaian yang baik. Metode pelaksanaan IHT terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap refleksi dan evaluasi. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pemahaman guru-guru terhadap komponen-komponen dalam penyusunan intrumen penilaian yang baik sesuai dengan ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

References

Camelia dan Umi Chotimah. 2012. Kemampuan Guru Membuat Instrumen Penilaian Domain Afektif Mata Palejaran PKn di SMP Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, Kajian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial & Ilmu Sosial. V (02):114 – 122.

Corinorita. 2017. Pelaksanaan In House Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru," Suara Guru, Jurnal: Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 119.

Mawansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Muslimin, T.P., & Rahim, A. 2022. Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunkan Filmora. Abdimas Singkerru, 2(2), 75-80.

Najib, M. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung. Pustaka Setia.

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Negeri Sipil. Bandung. Refika Aditama.

Camelia dan Umi Chotimah. 2012. Kemampuan Guru Membuat Instrumen Penilaian Domain Afektif Mata Palejaran PKn di SMP Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, Kajian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial & Ilmu Sosial. V (02):114 – 122.

Corinorita. 2017. Pelaksanaan In House Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru," Suara Guru, Jurnal: Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 119.

Mawansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Muslimin, T.P., & Rahim, A. 2022. Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunkan Filmora. Abdimas Singkerru, 2(2), 75-80.

Najib, M. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung. Pustaka Setia.

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Negeri Sipil. Bandung. Refika Aditama.

Camelia dan Umi Chotimah. 2012. Kemampuan Guru Membuat Instrumen Penilaian Domain Afektif Mata Palejaran PKn di SMP Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, Kajian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial & Ilmu Sosial. V (02):114 – 122.

Corinorita. 2017. Pelaksanaan In House Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru," Suara Guru, Jurnal: Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 119.

Mawansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Muslimin, T.P., & Rahim, A. 2022. Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunkan Filmora. Abdimas Singkerru, 2(2), 75-80.

Najib, M. 2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung. Pustaka Setia.

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Negeri Sipil. Bandung. Refika Aditama.

Published
2023-03-30