Pelatihan Pengaplikasian Quizziz Sebagai Media Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Smp Muhammadiyah 2 Makassar

  • Rahayu Universitas Sawerigading Makassar
  • Nana Harlina Haruna Universitas Sawerigading Makassar
  • Isnani Arianti Universitas Sawerigading Makassar
  • Risma Asriani Azis Genisa Universitas Sawerigading Makassar
Keywords: Keywords: Pandemi, E-Learning, Quizziz

Abstract

Awal tahun 2020 masyarakat dunia digemparkan dengan adanyapandemi Covid-19. Pandemi ini sangat berdampak pada seluruh bidang yang ada, tak terkecuali bidang pendidikan. Pendidikan formal yang biasanya dilakukan secara langsung di sekolah dengan melakukan tatap muka harus terkendala dengan adanya pandemi ini. Satu-satunya jalan keluar yang bisa dipilih untuk mengatasi kendala pada masa pandemi ini adalah dengan melakukan pembelajaran melalui daring (online). Penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning, menjadi salah satu cara untuk pendidik agar tetap bertanggung jawab terhadap perkembangan peserta didiknya. Salah satu jenis e-learning yang ada di Indonesia adalah Quizizz. Quizizz ini merupakan sebuah aplikasi kuis multiplayer. Quizizz ini sangat cocok digunakan dalam membangun pembelajaran yang interaktif karena peserta didik dapat mengerjakan kuis secara bersamaan dengan teman sehingga dapat diketahui ranking yang didapat dalam menjawab kuis tersebut. Setelah melihat dan menganalisis kondisi tersebut, maka tim pengabdian masyarakat Fakultas Sastra Universitas sawerigading Makassar khususnya Program Studi Sistem Informasi melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan dengan topik Peningkatan Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Guru- Guru SMP Muhammadiyah 2 Makassar. Dengan menggunakan bantuan Quiziz sebagai media pembelajaran dapat memudahkan para guru-guru dalam proses pembelajaran dan memantau perkembangan pembelajaran anak didiknya.

Keywords: Pandemi, E-Learning, Quizziz

References

Ahmadi, A. (2016). Evaluasi Pelaksanaan E-Learning pada Proses Pembelajaran Sistem Kelistrikan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif di SMKN 2 Pengasih. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach (7 th ed.). (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Edisi asli diterbitkan tahun 2007 oleh McGraw-Hill Companies, Inc. di Boston).
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Erlina. (2009). Supermedia: Panduan Praktis Memanfaatkan Media Mengajar dari Internet. Jakarta: Erlangga.
Gogos, R. (2013). A Brief History of E-Learning (Infographic). Diambil pada 19 April 2017, dari www.efrontlearning.com.
Horton, W. (2006). E-Learning by Design. San Fransisco: Pfeiffer.
Khan, B. (2005). Managing E-Learning: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. Hershey: Information Science Publishing.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sahid. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Diambil pada 16 Februari 2016, dari http://staff.uny.ac.id.
Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Sleman: Deepublish. Soekartawi. (2007). Merancang dan Menyelenggarakan E-Learning. Yogyakarta: Ardana Media
Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Sleman: Deepublish.
Published
2023-03-30