English Fun Learning with Anak Shaleh
Abstract
Sudah lebih dari setahun menjalani pembatasan jarak fisik dengan beraktifitas di rumah saja. Hal ini membutuhan adaptasi yang tak mudah bagi semua orang terlebih untuk anak-anak. Dalam hal ini, sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk kegiatan belajar dan kegiatan belajar tidak harus terasa seperti pelajaran di kelas. Cara agar bisa memanfaatkan dan menikmati hari libur dengan sebaik-baiknya di masa pandemic seperti sekarang ini adalah dengan melakukan hal yang menyenangkan dan melakukan berbagai kegiatan yang berkualitas bersama orang-orang terdekat dengan tertap mematuhi protocol kesehatan dengan sering mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak aman antar sesama yang akan membuat hari libur menjadi hari yang bermanfaat dari hari pada umumnya. Oleh karena itu kami memberikan salah satu kegiatan yang bisa membangkitkan mood bahagia melalui pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak TPA Ikatan Remaja Masjid Nurul Ittihad (IRMENI), Kalukuang, Tallo, Makassar, Sulawesi-Selatan. Menguasai bahasa Inggris adalah hal yang sangat penting agar kita bisa bersaing dengan bangsa lain. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, politik, bisnis, hingga teknologi. Itulah mengapa Bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari. Salah satu cara yang efektif untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan menggunakan music sebagai media belajar. Anak-anak biasanya diajari lagu-lagu bahasa Inggris untuk dihafalkan kemudian dinyanyikan. Dengan demikian anak-anak akan banyak belajar tentang cara pengucapan, menambah kosakata baru serta mereka akan lebih menikmati proses belajar yang menyenangkan ini.
References
Halliwell,
Susan. (2004). Teaching English in the Primary Classroom. New York: Longman Publishing.
Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching. London: Pearson Education
Limited.
Juhana. (2014). Teaching English to Young Learners: Some Points to be Considered. Asian
Journal of Education and e-Learning (ISSN: 2321 – 2454) Volume 02 – Issue 01, February 2014. Retrievedfrom www.ajouronline.com
Lewis, Gordon & Gunter, Gunher. (2000). Games for Children. Oxford: Oxford University
Press.
Moon, Jayne. (2000). Children Learning English. New York: Macmillan Heinemann.
Pišlar, Betka. et. al. (2009). Five Elements of Teaching English to Young Learners: An
Example from Little Red Riding Hood.MEXTESOL Journal, Volume 33, No.1, 2009. Retrieved from http://www.mextesol.net/journal/
Wright, Andrew, et. al. (2006). Games for Language Learning: Third Edition. New York:
Cambridge University Press
Copyright (c) 2022 Masdianti, Nana Erna, Titin Suhartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.