Pengaruh Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Enrekang.

  • Nasrullah Ullah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Praktek kerja industri, kesiapan kerja, siswa

Abstract

Praktek kerja Industri (prakerin) adalah kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan di dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi keahlian siswa sesuai bidang masing masing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Enrekang. Maka dari itu untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik penggumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi dengan populasi penelitian sebanyak 36 siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Enrekang dalam kategori baik dengan tingkat persentase 81,11 persen, dan untuk kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 1 Enrekang termasuk dalam kategori baik dengan persentase 75,91 persen dengan tingkat hubungan dalam kategori rendah. Dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Positif dan Signifikan praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Enrekang.

References

Darwis, M., Batari, U. D., Salam, R., Kasmita, M., & Baharuddin, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 105–112.
Ikhsan, M. I., Niswaty, R., Saleh, S., & Arhas, S. H. (2019). The Effectiveness of Using the Lecture Method at SMK Negeri 1 Parepare. PINISI Discretion Review, 3(2), 151–156.
Indonesia, P. R. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. , Pub. L. No. 20, Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia (2003).
Iqbal, M., Jama, J., & Refdinal, R. (2020). Contribution Field Industrial Practice About Student Working Readiness Of Machine Engineering Programs Student Working. International Journal of Educational Dynamics. https://doi.org/10.24036/ijeds.v2i1.237
Maria Sofa, F., Suryani, N., & Dyah Rahmawati, F. (2020). The Influence of Industrial Work Practice (Internship), Corporate World Information, and Motivation of Entering Corporate World towards Working Readiness of Students at Class XII Office Administration Department in SMK Negeri 2 Temanggung 2018/2019. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6637
Maulana, A. (2019). Hubungan Pelaksanaan Praktik Industri Dengan Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas Xii Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Di Smk. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, 2(1).
Nasrullah, M., Rumingan, M., Nasaruddin, N., & Niswaty, R. (2017). Pengaruh Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Makassar. Jurnal Ad’ministrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 4(2), 103–110.
Niswaty, R., & Arhas, S. H. (2019). The Effect of Learning Media on Progress Quality in Office Administration Program in Vocational School Negeri 1 Watampone Bone Regency. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 12042. IOP Publishing.
Nurjanah, I. T. W. (2015). Pengaruh Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Wonosari.
Sirait, E. J. M., Arhas, S. H., & Suprianto, S. (2019). The Influence of Assignment of Lecturers at School (ALS) Program on Students Learning Motivation in Tarakan City. Jurnal Ad’ministrare, 6(1), 79–88.
Suprianto, S., Arhas, S. H., & Mahmuddin, M. (2020). The Effectiveness of Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic. Jurnal Ad’ministrare, 7(2), 321–330.
Swayze, M., & Dexter, C. (2018). Working Memory and School Readiness in Preschoolers. Contemporary School Psychology. https://doi.org/10.1007/s40688-017-0145-y
Trisnawati, N. (2017). Preparation for Working Readiness Vocational Education Graduate with Self-Concept and Self-Efficacy Development. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen. https://doi.org/10.17977/um003v3i22017p165
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. 20, Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia (2003).
Published
2022-01-24
Section
Articles