PENGEMBANGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN NOVEL TOTO CHAN: GADIS CILIK DI JENDELA KARYA TETSUKO KUROYANAGI
Abstract
Pembelajaran novel membutuhkan pendekatan yang tepat. Pendekatan itu adalah pendekatan kontekstual Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian yang bertujuan mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan elemen pendekatan kontekstual dalam pembelajaran novel Penelitian pengembangan ini dilakukan di beberapa sekolah menengah atas. Data dikumpulkan dengan observasi dan penyebaran angket Penelitian ini menghasilkan model pendekatan kontekstual dalam pembelajaran novel Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela karya Tesuko Kuroyanagi sekaligus mengusulkan judul novel tersebut sebagai bahan ajar mengingat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hasil dari penerapan ini berbentuk nilai dengan menggunakan ranah kognitif dan afektif Pada ranah kognitif ketuntasan belajar mencapai 100% dengan nilai rata-rata siswa 83,2 dan 82,6 Pada ranah afektif keuntasan belajar mencapai 94,8% dengan nilai rata-rata 80,5 Pada ranah afektif penilaian dengan angka selanjutnya diinterpretasikan ke dalam nilai bentuk huruf Berdasarkan hasil penelitian itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual sangat cocok digunakan dalam pembelajaran Novel Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela. Penerapan pendekatan ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran