KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA

  • Nurjayanti Kaharuddin Univ. Sawerigading Makassar
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Menulis, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu siswa belajar mengenai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata, mengajarkan siswa untuk belajar bekerjasama dengan orang lain, dan menjadikan siswa pembelajar yang mandiri dalam menyelesaikan masalah. Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terdiri atas lima langkah pembelajaran yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing pengalaman individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

Sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa setelah proses pembelajaran dapat meningkat baik siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah maupun siswa yang diajar tanpa menggunakan model Pembelajaran Berbasis masalah. Hal ini dapat diketahui dari hasil perolehan nilai masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data postes, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,35 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 67,35.  Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Meskipun berada pada kategori yang sama yaitu sedang, namun dapat dilihat rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor menulis teks berita siswa.

Published
2024-03-19
Section
Articles